Jelang Pilkada, Bawaslu Katingan Fokus 4 Hal Ini

WAWANCARA : ANNAS/BERITASAMPIT - Ketua Bawaslu Katingan, Yosafat Ericktovia Kawung.

KASONGAN – Menghadapi kesiapan pengawasan pada pemilihan umum Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2021-2024, khususnya di Kabupaten Katingan, yang digelar serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Terkait persiapan secara kelembagaan,Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Katingan, Yosafat Ericktovia Kawung, mengatakan pihaknya sudah membentuk seluruh jajaran sampai ke tingkat Desa sesuai dengan regulasi yang ada terkait dengan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan.

Dalam hal ini, menurutnya Bawaslu akan fokus terhadap 4 hal, karena tidak hanya melaksanakan pengawasan saja. Pasalnya, hal utama yang dilakukan Bawaslu adalah melakukan pencegahan lebih awal, melakukan sosialisasi, dan pengawasan serta melaksanakan penindakan terhadap beberapa pelanggaran yang terjadi.

BACA JUGA:   DPRD Setujui Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

“Kemudian persiapan yang sudah kita lakukan saat ini terkait dengan pengawasan, kita selalu dalam tahapan demi tahapan untuk melakukan pengawasan melekat oleh seluruh jajaran,” jelas Ketua Bawaslu Katingan,Yosafat Ericktovia Kawung, usai melaksanakan
rapat koordinasi pembinaan sentra penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Kabupaten Katingan tahun 2020, di caffe Nowella, jalan Tjilik Riwut Kasongan, pada Selasa 8 September 2020.

BACA JUGA:   Tahun 2022, Akan Ada Kenaikan Nilai Suara Sah Untuk Bantuan Keuangan Partai Politik

Yosafat Ericktovia Kawung, berharap kepada seluruh jajaran sampai ke tingkat Desa yaitu seperti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panwas Kelurahan/ Desa dalam bekerja harus profesional, Optimal dan sinergitas dalam upaya penanganan tindak pidana Pilkada.

“Sebab, teman-teman Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panwas Kelurahan/ Desa adalah Garda terdepan untuk Bawaslu kabupaten katingan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)