Personel Kodim 1012/Btk Tak Kenal Lelah Tegakkan Kedisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan masyarakat.

BUNTOK – Untuk mengantisipasi dan mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di wilayah jajaran Kodim 1012/Btk, anggota Kodim 1012/Btk tidak mengenal lelah dalam pelaksanakan penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Wilayah jajaran Kodim 1012/Btk meliputi Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan Kabupaten Barito Timur ( Bartim) Provinsi Kalimantan tengah. Dalam pelaksanaan operasi penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan, Senin 7 September 2020, Kodim 1012/Btk mengerahkan kekuatannya sebanyak 453 orang personel yang terbagi di dua wilayah kabupaten.

Kabupaten Barsel melibatkan TNI 90 orang personel, Polri 80 orang personel, Pemda gabungan Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD 60 orang personel, PMI 5 orang, FKPPI 5 orang personel, Pramuka 3 orang personel dan mahasiswa 5 orang. Sedangkan untuk Kabupaten Bartim melibatkan personel, TNI 60 orang personel, Polri 70 orang personel, Pemda gabungan satpol PP Dishub, Dinkes dan BPBD 60 orang personel dan PMI 5 orang personel.

“Hasil yang dicapai dari kegiatan Operasi penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan yang selama ini kita lakukan diantaranya, meningkatnya warga masyarakat yang selalu mengunakan masker pada saat bepergian dan kegiatan di luar rumah, meningkatnya ketersediaan Thermogun di tempat pelayanan umum, rumah makan maupun di titik-titik keramaian masyarkat,” ungkap Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Dwi Tamtomo.

Selain itu, sambung Dwi Tamtomo, meningkatnya ketersediaan tempat cuci tangan dan Hand Sanitizer di setiap titik keramaian, serta turunnya kapasitas masyarakat yang masih berkerumun ditempat-tempat tertentu, mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi baik dari kuantitas maupun kualitas nya.

Kemudian, untuk jumlah sasaran sebanyak 30 titik obyek dari dua wilayah kabupaten, Kabupaten Barsel terdiri 3 titik pasar, 1 titik rawan, 1 titik wisata sanggo, 2 titik rumah makan, 4 titik tempat ibadah, 5 titik sarana umum. Sedangkan untuk Kabupaten Bartim terdiri dari, 2 titik pasar, 1 rumah betang pasar panas, 3 titik rumah makan, 4 titik tempat ibadah dan 4 titik sarana umum. (Hardi/beritasampit.co.id).