Delapan Desa di Wilayah Hulu Kotim Alami Banjir, Warga Berharap Ada Bantuan

MELUAP : IST/BERITASAMPIT - Kondisi banjir saat ini yang terjadi di Kecamatan Antang Kalang dan merendam delapan desa yang ada.

SAMPIT – Banjir kini mulai terjadi di wilayah bagian hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan merendam delapan desa di Kecamatan Antang kalang.

“Banjir itu mulai terjadi di kemarin pada Hari Minggu 6 September 2020, hingga sampai hari ini masih terjadi,” ucap Camat Antang Kalang, Berdikari, Rabu 9 September 2020.

Adapun delapan desa yang terendam tersebut yakni, Desa Tumbang Gagu, Buntut Nusa, Tumbang Hejan, Tumbang Ramei, Sei Puring, Kuluk Talawang, Tumbang Kalang, dan Tumbang Manya.

“Benar sampai saat ini masih banjir, ada delapan desa, untuk kondisi air sampai saat ini ada yang mencapai 1,5 meter. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD, memang hingga saat ini debit air masih tinggi,” ungkap Camat Antang Kalang tersebut.

Disisi lain Berdikari juga menjelaskan dari total Delapan desa yang terdampak banjir saat ini, diperkirakan lebih dari 100 permukiman – pemukiman masyarakat yang terendam. Aktivitas warga juga menurutnya saat ini mulai terganggu akibat banjir tersebut.

“Keadaan sekarang warga masih kesulitan untuk beraktifitas di karenakan lahan kerja kebanjiran. Dan warga memohon adanya bantuan pemerintah kabupaten untuk kebutuhan logistik, air bersih, makanan, serta obat-obatan,” jalas Camat.

(im/beritasampit.co.id).