Dua Bakal Calon Kepala Daerah Kalteng Ajak Masyarakat Gelorakan Pilkada Damai

IST/BERITA SAMPIT - Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dan Edy Pratowo.

PALANGKA RAYA – Dua bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) sepakat untuk saling bersaing secara sehat dan memberikan kesejukan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng tahun 2020 ini.

Usai menjalani pemeriksaan tes kesehatan tahap kedua, Rabu 9 September 2020, sejak mulai pagi hingga siang jelang sore, kedua bakal pasangan calon saling berkomunikasi dan tegur sapa, bahkan saling melempar pujian satu sama lain.

Pada kesempatan jumpa pers juga kedua bakal pasangan calon optimis dan mengajak seluruh masyarakat untuk menggelorakan Pilkada sejuk dan damai. Season jumpa pers dibagi menjadi dua tempat untuk menghindari kerumunan dan menggunakan protokol kesehatan.

Sugianto Sabran dan Edy Pratowo menyampaikan, bahwa perhelatan tes fisik sudah dilalui dan dijalankan oleh tim dokter dengan lancar. “Alhamdulillah tes kedua ini berjalan dengan lancar, terimakasih tim dokter dan pihak penyelenggara atas pelayananya sehingga semua bakal calon menjalani pemeriksaan dengan lancar,” kata Sugianto Sabran.

Pria yang masih menjabat Gubernur Kalteng ini juga kembali mengajak seluruh masayarakat untuk mensukseskan Pilkada secara damai, aman, lancar dengan bersama-sama saling berkampanye sehat serta tidak menghujat antar pasangan calon.

“Kami berkumpul dan duduk bersama semua pasangan bakal calon. Dengan seperti ini, kita ingin menunjukan rasa kebersamaan dan kesejukan. Mari kita kampanyekan visi misi, tidak saling menghujat, atau menyebarkan hoaks, saling beretika, untuk membangun Kalteng bersama-sama kedepanya lebih baik lagi. Pilkada kita aman, sejuk, damai dan lancar, demi kepentingan kita semua,” ujar Sugianto.

Ditambahkan Edy Pratowo, bahwa semua bakal pasangan calon sudah mengikuti tahapan tes oleh KPU. Ia mengajak kampanye beretika serta berbudaya yang baik dan menyejukan.

“Tahapan tes sudah diikuti semua pasangan bakal calon. Kami juga berkomitmen bersama semua Parpol pendukung untuk melakukan kampanye beretika dan berbudaya, dan mengajak yang lainnya juga, sehingga menunjukan Pilkada di Kalteng dengan sejuk dan aman lancar,” ucap Bupati Pulang Pisau ini.

Sementara itu, di season jumpa pers bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar juga optimisme, dimana sudah mengikuti tahapan tes dan duduk bersama-sama dengan pasangan bakal calon lainnya.

“Tahapan tes berjalan dengan lancar, semua tim medis melayani dengan baik. Kami optimis, sejak beberapa bulan lalu niat maju di Pilkada, kami ini teman dan sahabat dengan pak Ujang ini. Kami sudah membentuk tim dan sudah siap dan sudah bergerak di seluruh Kabupaten/Kota. Kita juga mengajak semua untuk Pilkada dengan aman, damai dan lancar. Intinya kita semua bersaudara,” ucap Ben Brahim.

Didampingi Ujang Iskandar, Ben Brahim mengatakan tahapan tes selama dua hari dilalui dengan lancar bahkan dilayani dengan baik.
“Hari ini ada tes jantung, saraf serta beberapa lainnya yang sudah dijalani. Pengalaman kami sudah beberapa kali ikut tes ini, jadi sudah biasa,” sebutnya.

Sementara itu, menurut Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, dr Yayu Indriaty, mengatakan, bahwa tahapan tes dilakukan dua hari sesuai penunjukan dari KPU untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng. Semua hasil akan dilakukan rekab pada tanggal 10 September 2020, dan tanggal 12 melakukan rapat pleno, kemudian diserahkan ke KPU.

“Bakal calon sebelumnya dilakukan tes swab lalu mengikuti tahapan tes di rumah sakit sesuai penunjukan KPU RI dengan tahapan-tahapan yang sudah diatur. Dokter specialis yang terlibat sebanyak 28 orang, ditambah tenaga teknis jadi total 168 orang, sehingga dalam tes juga dilakukan seperti rumah sakit mini, karena semua alatnya lengkap di RADS ini,” kata Yayu.

Direncanakan pada Kamis 10 Septenber 2020 semua pasangan calon akan menggelar kampanye damai sekaligus pembagian masker yang diisiasi oleh Polda Kalteng. (Hardi/beritasampit.co.id).