Ini Cara Koramil 1014-03/Kolam Sosialisasi Cegah Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Personel saat memasang banner sosialisasi cegah Karhutla.

PANGKALAN BUN – Sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) gencar dilakukan oleh jajaran Kodim 1014/Pangkalan Bun, seperti dilakukan Koramil 1014-03/Kotawaringin Lama, mensosialisasikan pencegahan Karhutla dengan cara memasang spanduk imbauan yang berisikan pesan “Kalteng sehat, bersih, bebas asap”.

Sosialisasi ini dilakukan bersama-sama dengan masyarakat di 5 tempat, salah satunya adalah di Desa Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa 8 September 2020.

Komandan Koramil (Danramil) 1014-03/Kolam Kapten Inf Handoyo mengatakan, tujuan pemasangan spanduk imbauan ini adalah mengajak warga masyarakat untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah Koramil 1014-03/Kolam.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Pemasangan imbauan pencegahan karhutla ini adalah salah satu upaya untuk pencegahan secara dini terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dengan memberi peringatan kepada masyarakat mengenai daerah-daerah yang rawan terjadinya kebakaran,” kata Danramil 03/Kolam Kapten Inf Handoyo.

Dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan, personel Koramil 1014-03/Kolam tidak hanya memasang spanduk imbauan, tetapi para Babinsa juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung Door to door yang mulai dari tingkat desa hingga di tingkat kecamatan.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Kita berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Wilayah Koramil 03/Kolam,” ucapnya.

Handoyo berharap, dengan dipasangnya spanduk imbauan ini diharapakan masyarakat memahami dampak dari Karhutla sehingga dapat mengurangi dan menghentikan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kodim 1014/Pbn khususnya di wilayah Koramil 03/Kolam,” tutupnya. (Hardi/beritasampit.co.id).