Rute Penerbangan Pangkalan Bun-Yogyakarta Dibuka Awal Oktober 2020

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Zuber.

PANGKALAN BUN – Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Kabupaten Sukamara, sebab rute baru penerbangan melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun-Yogyakarta (PP) akan dibuka mulai awal Oktober 2020.

Selain itu, disampaikan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber, Rabu 9 September 2020, bahwa rute baru yang juga telah dibuka sekitar satu mingguan yang lalu yakni Pangkalan Bun-Surabaya (PP).

Kata Zuber, rute penerbangan Pangkalan Bun-Yogyakarta (PP) akan dilayani oleh Maskapai Xpress Air, yang dijadwalkan untuk perdana tiga kali dalam satu minggu, yakni hari Senin, Rabu dan Jumat.

BACA JUGA:   Masa Pandemi Covid-19, Orang Tua Murid Lebih Semangat Mengajari Anaknya di Rumah

“Maskakapai Xpress Air Pangkalan Bun-Yogya akan menggunakan pesawat jenis Dornier 328-100, dengan kapasitas penumpak sekitar 32 orang. Dan para penumpangnya semua harus sudah menerapkan aturan protokol kesehatan, yakni physical distancing,” ujar Zuber.

Menurut Zuber, pihak maskapai mempertimbangkan membuka rute ini karena Pangkalan Bun dan Yogyakarta sama-sama mengandalkan sektor pariwisata.

“Sasaran utamanya tentu segmen turisme. Karena di Pangkalan Bun dan Yogya memang banyak destinasi-destinasi wisata yang menjadi rujukan wisatawan, baik domestik maupun manca negara,” imbuh Zuber.

BACA JUGA:   Simpan Sabu di Anus, Polisi Masih Tunggu Hasil Laboratorium

Selain itu, Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan tempat banyak universitas besar baik negeri maupun swasta. Banyak mahasiswa dari Kalteng, khususnya Kobar, Sukamara dan Lamandau yang kuliah di Jawa Timur.

Sedangkan segmen turisme lainnya di Pangkalan Bun, adanya obyek wisata Taman Nasional Tanjung Puting, yang telah menjadi magnet wisata, baik nasional maupun international. (Man/beritasampit.co.id).