Musibah Banjir Harus Menjadi Titik Perhatian Pemkab Katingan Menyalurkan Bansos ke Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah

KASONGAN – Beberapa wilayah Kecamatan bagian Selatan Kabupaten Katingan sejak sepekan ini mengalami dampak musibah banjir akibat luapan sungai Katingan yang semakin meluas.

Pantauan, bahwa hingga Jumat 11 September 2020 ini luapan banjir sampai ke Kota Kasongan. Namun diketahui, banjir di Kabupaten Katingan ini hampir setiap tahun terjadi, bahkan bisa hampir lebih dari 1 bulan lamanya jika terjadi banjir khususnya di dibeberapa kecamatan.

Terkait hal ini, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah mengatakan, karena ini merupakan bencana rutin setiap tahun yang terjadi di Kabupaten Katingan, maka diharapkan menjadi titik perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, terutama dari sisi kesehatan.

BACA JUGA:   Kabar Duka, Anggota DPRD Katingan Ignatius Mantir Leddie Nusa Meniggal Dunia

“Karena banjir ini sangat rawan juga akan terjadi dampak dari kesehatan, terutama untuk masyarakat yang terkena musibah. Contoh, seperti timbulnya penyakit Diare, Batuk, Pilek dan sebagainya. Inilah yang harus menjadi perhatian pemerintah dalam rangka membantu masyarakat terkena dampak musibah ini,” jelas Nanang Suriansyah kepada beritasampit.co.id, Jumat 11 September 2020.

Menurutnya, apabila memang ada anggarannya, bukan hal yang mustahil bagi Pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan sosial, berupa Sembilan Bahan Pokok atau Sembako kepada masyarakat terutama wilayah-wilayah terkena musibah banjir.

BACA JUGA:   Bupati Katingan Targetkan Tahun ini Jalan Menuju Mendawai Terbuka

“Artinya, ini jangan dianggap ini sepela, sebab masyarakat harus diperhatikan oleh pemerintah itu yang menjadi hal utama. Sebab, karena dampak banjir ini juga, masyarakat pasti akan kehilangan mata pencahariannya, dan perlu bantuan sosial,” jelasnya. (Annas/beritasampit.co.id).