Mentan Cek Kesiapan Kawasan Penanaman Padi Perdana Program Food Estate

IST/BERITA SAMPIT - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan.

PULANG PISAU – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan lokasi penanaman padi perdana program food estate oleh Presiden Joko Widodo di Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sabtu 12 September 2020 sore.

Dalam kegiatan itu Syahrul didampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Dedy Prasetyo, Danrem 102 PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, dan pejabat Kementerian.

Syahrul bersama Sugianto juga melakukan peninjauan lokasi panen raya lahan milik warga, pendukung ketahanan pangan atau food estate, di Desa Gadabung, Kabupaten Pulang Pisau.

BACA JUGA:   Erwin David Siap Hadapi PON 2021

Syahrul mengatakan, bahwa Alsintan didorong dari kementerian untuk melakukan pengolahan sawah oleh warga. “Kita siapkan satu minggu, bisa membajak sawah sampai puluhan hingga ratusan hektare. Ini program nasional yang bagus, dan ketahanan pangan ini sangat membantu masyarakat nantinya baik Kalteng, Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Kata dia, program ini harus digenjot untuk kesuksesanya. Ia meminta Gubernur, Kapolda, Danrem dan Bupati, segera lakukan berbagai kesiapan agar penanaman padi ini berjalan baik dan nantinya bisa panen dengan luar biasa.

Syahrul mengecek alsintan yang sudah digunakan oleh warga dalam membajak sawah. Ia juga mencoba salah satu alsintan untuk nantinya bisa bersama sama Presiden, Menteri dan warga menanam padi bersama.

BACA JUGA:   Kedapatan Simpan Sabu, Warga Desa Sungai Undang Tak Berkutik Saat Dibekuk Polisi

“Saya melihat warga setempat yang memiliki sawah semangat dalam bercocok tanam. Ini luar biasa untuk menjaga ketahanan pangan serta meningkatkan ketahanan pangan kita,” katanya.

Sementara itu, Sugianto Sabran menyampaikan berbagai kesiapan mulai infrastruktur dan lokasi juga dilakukan kesiapan semuanya.

“Siap pak Menteri. Kami segera berkoordinasi baik dari Pemprov, Pemkab, TNI/Polri hingga koordinasi dengan Kementerian, untuk kelancaran penanaman Padi oleh pak Presiden dan warga nantinya,” ucapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).