Ivo Sugianto Sabran Dikukuhkan jadi Bunda Literasi Kalimantan Tengah

Hardi/BERITA SAMPIT - Bunda Literasi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Kalteng Ivo Sugianto Sabran dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kalimantan Tengah, pengukuhan tersebut dilakukan secara virtual melalui video conference.

Acara tersebut dipimpin Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi. Acara digelar bersamaan dengan pengukuhan duta baca daerah Kalimantan Tengah dan pengukuhan Pokja PAUD sekaligus pencanangan gerakan “Kalteng Membaca” tahun 2020, di Aula Jayang Tingang, Senin 15 September 2020.

Pengukuhan Yulistra Ivo Sugianto Sabran sebagai Bunda Literasi didasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah No. 188.44/460/2020 tentang Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah periode tahun 2020 sampai 2021.

Yulistra dipercaya sebagai Bunda Literasi karena dinilai dapat menjadi role model dan inspirasi dalam terwujudnya layanan informasi publik yang andal dan berkualitas menuju pemerintah Kalimantan Tengah yang terbuka dan berbasis elektronik.

Pengukuhan ditandai dengan pemakaian selempang Bunda Literasi Prov. Kalteng oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalimantan Tengah didampingi Plt. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Kalteng Sri Widanarni.

Sedangkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah No. 188.44/470/2020 tentang Pengukuhan Duta Baca Daerah dan Duta Baca Anak Remaja Provinsi Kalteng Tahun 2020, memutuskan dan menetapkan Glory Kriswantara sebagai Duta Baca Daerah dan Novi Silvia sebagai Duta Baca Anak Remaja Provinsi Kalteng tahun 2020. Selempang penganugerahan disematkan oleh Sekda Fahrizal Fitri.

Sementara itu, Pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) didasarkan pada Surat Keputusan Gubernur 188.44/461/2020 tanggal 7 September 2020 tentang Kelompok Kerja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Kalteng.

Sesuai SK tersebut Pokja PAUD memiliki tugas antara lain membuat rencana program dan kegiatan Bunda PAUD tahunan dalam rangka mendukung layanan PAUD berkualitas, melakukan pengukuhan Bunda PAUD Kab/Kota dan melakukan kerjasama secara berkala dan berkesinambungan dengan berbagai lembaga/organisasi dalam mewujudkan PAUD berkualitas. Ditetapkan sebagai Ketua Pokja, Trisna Widiati, Nurhasanah sebagai Sekretaris I dan Bendahara I Hana Pertiwi.

Dalam sambutan Kepala Perpustakaan Nasional yang dibacakan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi, apresiasi disampaikan bagi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta jajaran yang telah memberikan dukungan program pengembangan perpustakaan dan budaya gemar membaca dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Kalteng.

Perpustakaan nasional mendorong perpustakan menjadi pelopor gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat dan mendukung prioritas nasional pembangunan manusia.

“Perpustakaan harus bisa bertransformasi sehingga memiliki peran signifikan dalam meningkatkan peran masyarakat sehingga dapat mengubah kualitas hidupnya ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Yulistra Ivo selaku Bunda Literasi Provinsi Kalteng mengatakan pengukuhan dirinya berkaitan dalam rangka menumbuhkan minat gemar membaca di Provinsi Nantinya, Yulistra Ivo akan bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah untuk mengadakan kegiatan guna menumbuhkan minat baca dan meningkatkan kunjungan ke perpustakaan. Tidak kalah penting menurutnya adalah literasi digital khususnya dalam menangkal Hoaks.

“Tugas kita bersama untuk menggunakan smartphone dengan cara smart, cara yang pintar dan bijak. Kita sama-sama proaktif menggalakan literasi digital, sekiranya ada hal yang tidak benar, silakan diverifikasi dulu, sehingga tidak menjadi isu yang berkembang dan menjadikan perpecahan masyarakat khususunya di Kalteng,” ujarnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)