Masyarakat Diminta Waspada Berbagai Penyakit yang Bisa Muncul Saat Banjir

WAWANCARA : ANNAS/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, dr Robertus Pamuriyanto.

KASONGAN – Saat ini musibah banjir yang terjadi di bagian Hilir atau selatan Kabupaten Katingan masih berlangsung, sehingga masyarakat diimbau untuk selalu mewaspadai berbagai macam penyakit yang bisa muncul sekarang ini.

Pasalnya, menurut Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Katingan, dr Robertus Pamuriyanto, banjir yang terjadi di wilayah Hilir, yaitu di wilayah Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang serta Kecamatan lainnya seperti tahun sebelumnya akan berlangsung cukup lama hingga satu bulan lebih.

“Kalau di bagian Hulu, banjirnya hanya sebentar saja bisa seminggu. Namun yang perlu kita waspadai di bagian Hilir ini, karena banjirnya cukup lama bisa sampai sebulan. Maka, diimbau agar warga mewaspadai berbagai macam penyakit yang bisa muncul,” jelas Robertus Pamuriyanto, Selasa 15 September 2020.

BACA JUGA:   Pilkada Menjadi Tantangan Untuk Ketua Golkar Katingan Terpilih

Berdasarkan laporan dari Puskesmas, kata Robertus, dari bagian Hulu yaitu Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Petak Malai saat ini belum ada lonjakan kasus penyakit selama musim banjir.

“Dengan demikian, saya kembali mengimbau agar selalu mewaspadai terhadap kemungkinan penyakit seperti gatal-gatal, diare, dan batuk pilek serta penyakit lainnya,” tuturnya.

Perlu diketahui, dari laporan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga, bahwa musibah banjir di Kabupaten Katingan terdapat ada sebanyak delapan wilayah Kecamatan. Yaitu, Katingan Hulu, Marikit, Sanaman Mantikei, Katingan Tengah, Pulau Malan, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

BACA JUGA:   Kejari Katingan : Baru 1 Terdakwa Gantikan Kerugian Rp 50 Juta

“Semoga musibah banjir ini cepat berlalu, dan diharapkan masyarakat selalu waspada terhadap penyakit dan lain-lainnya yang akan timbul,” singkatnya. (Annas/beritasampit.co.id).