Cegah Karhutla, Koramil 1013-04/Benangin Gencar Patroli

IST/BERITA SAMPIT - Tim terpadu saat memberikan sosialisasi.

MUARA TEWEH – Koramil 1013-04/Benangin bersama tim terpadu manggala agni Desa Benangin, Teweh Timur, Barito Utara, Kalimantan Tengah menyusuri wilayah desa, keluar masuk hutan dan lahan penduduk. Tim terpadu yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni, disetiap perjumpaan dengan penduduk pemilik lahan, menyampaikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya karhutla.

“Kami berpatroli keluar masuk pemukiman, hutan dan lahan penduduk untuk sosialisasi dan edukasi bahaya karhutla kepada masyarakat, yang menjadi atensi adalah lahan yang telah ditebas untuk dijadikan lahan. Hal potensi untuk dibakar. Kepada pemilik kita beri edukasi bahaya karhutla,” kata Danramil 1013-04/Benangin, Lettu Inf Jinal saat dimintai tanggapan.

BACA JUGA:   Cegah Covid-19, Personel Koramil 1013-07 Puruk Cahu Konsisten Pantau Mobilitas Warga

Lebih lanjut ia mengatakan, potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil 1013-04/Benangin cukup tinggi, sehingga perlu upaya keras dan terpadu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya karhutla. Hal ini penting dan perlu terus disosialisasikan ke masyarakat untuk pencegahan agar karhutla dapat tetap terkendali.

“Apabila kita lihat pengalaman masa lalu, kebakaran sangat massif, merugikan semua pihak. Hasil evaluasi, dimungkinkan karena patroli, sosialisasi dan edukasi kurang optimal. Ini pelajaran berharga, jangan sampai terulang,” ucapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).