Legislator Minta Pemda Harus Perkuat Sektor Ketahanan Pangan

LULUS/BERITA SAMPIT - Ketua Fraksi PKS DPRD Murung Raya, Imanuddin S.Pd.I.

PURUK CAHU – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Imanuddin S.Pd.I meminta Pemerintah Daerah (Pemda) supaya memperhatikan masalah pangan, karena pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat.

“Kami berharap pemerintah bisa mendukung sektor ketahanan pangan melalui Dinas Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan, hal ini dalam rangka untuk antisipasi kelangkaan pangan di Murung Raya,” kata Imanuddin saat dikonfirmasi, Rabu 16 September 2020.

Menurut Imanuddin, ketahanan pangan harus diperkuat apalagi saat pandemi Covid-19, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi manusia, ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi, sehingga berbagai gejolak sosial juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Mura Apresiasi Pembagian Masker Oleh Polres Mura

“Ketahanan pangan juga sebagai langkah dan terobosan yang sangat baik untuk menunjang penghasilan masyarakat dalam peningkatan ekonomi yang lemah, mengingat ada begitu banyak sektor yang terdampak Covid-19 salah satunya ekonomi masyarakat saat ini melemah, sehingga daya beli masyarakat menurun,” ungkapnya.

Politisi PKS ini juga menyebutkan, peran pemerintah harus mengoptimalkan pemberdayaan para petani lokal supaya tetap bercocok tanam bahkan berladang jangan bergantung pada bantuan Pemerintah Pusat semata.

BACA JUGA:   Menjelang Pilkada Kalteng, Kondusifitas Daerah Harus Tetap Terjaga

“Dengan disahkan RAPBD Perubahan 2020 ini, tentu kami sangat mendukung kebijakan pemerintah lebih menekankan pada sektor usaha pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan sebagai upaya pemulihan perekonomian masyarakat,” tandasnya. (Lulus/beritasampit.co.id)