DPRD Minta Pemerintah Fokus Sektor Pertanian

IST/BERITA SAMPIT-Wakil ketua fraksi Nasdem, Tuti Marheni

PURUK CAHU – Pemerintah daerah harus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka harus mempunyai terobosan untuk mendongkrak harga komoditas tersebut sehingga dapat menarik perhatian masyarakat baik dari sisi pengembangan dan pembinaan.

Hal itu disampaikan Wakil ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Murung Raya (Mura),Tuti Marheni menyebutkan ada beberapa komoditas yang perlu menjadi perhatian dari pemerintah seperti karet, kopi dan kakao dapat digenjot.

Menurutnya, saat ini ada warga yang mulai menjual lahan kebun karetnya karena kondisi harga yang semakin menurun. Sehingga perihal ini yang perlu menjadi perhatian dan mencari solusi yang terbaik bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Sosialisasikan Dampak Pernikahan Dini

“Akibatnya, selain harga murah, warga juga kesulitan menjual hasilnya. Salah satu caranya pemerintah melakukan trobosan, dengan mencari cara untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, karena dengan begitu masyarakat akan terbantu,” Katanya, Kamis 17 September 2020.

Dia mendorong agar pemerintah kabupaten hadir mencarikan solusi. Di antaranya memberikan dukungan dalam menggerakan sektor pengolahan perkebunan yang menjadi andalan komuditas masyarakat kalangan menengah kebawah.

BACA JUGA:   Wakil Ketua II DPRD Mura Ajak Generasi Muda Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan

Begitu juga dengan karet serta hasil perkebunan lainnya yang berpotensi. Politisi Nasdem ini menganggap aksi nyata untuk memperjuangkan harga itu dari pemerintah memang tidak dirasakan oleh masyarakat, para petani jangan dibiarkan hidup dan berjuang sendiri.

“Ketersedian untuk bahan baku karet sangat melimpah, tapi peluang besar itu tidak pernah ada terobosan berkoordinasi dengan pemerintah pusat supaya bagaimana caranya komoditas itu bisa terserap dan harganya akan meningkat,” Tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)