Gubernur Kalteng Harap Para Kades Berani Ambil Terobosan Wujudkan Desa Mandiri

HARDI/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran memimpin Rapat Kerja (Raker) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa se-Kalteng tahun 2020 Angkatan I, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 17 September 2020.

Raker ini mengangkat tema “Dengan Raker Kades, Mari Kita Wujudkan Desa Mandiri Yang Sejahtera Menuju Kalteng Berkah”. Diikuti Bupati/Wali Kota se-Kalteng, para Perangkat Desa se-Kalteng dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) se-Kalteng. Narasumber dalam kegiatan itu salah satunya dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalteng.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng bagi Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa, guna mensinergikan arah kebijakan Pemerintah Pusat, Daerah, Desa sebagai ujung tombak pemerintahan yang diberikan sebagian kewenangan untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan di desa, sesuai dengan prioritas kebutuhannya,” jelas Sugianto Sabran.

Menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui padat karya tunai jasa serta penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan penanganan Covid-19, sebagaimana Peraturan Menteri Desa/PDT RI Nomor 7 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Sugianto telah menerima laporan secara instens dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng maupun secara teknis melalui Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa Provinsi Kalteng, terkait penyaluran dana desa dan BLT dana desa yang telah dianggarakan oleh Pemerintah Desa yang sudah dilaksanakan selama periode April-Juni 2020.

BACA JUGA:   Unit Resmob Satreskrim Polres Seruyan Bekuk Tiga Pencuri Mesin Traktor

Sebagai tanggung jawab selaku Pemimpin Daerah, Gubernur Sugianto Sabran pun menyampaikan pencapaian Kalteng yang telah diraih selama lima tahun berjalan. Antara lain ditunjukan beberapa indikator seperti pertumbuhan ekonomi makro daerah, tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, gini rasio, indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi, infrastruktur, pendidikan, energi dan kesehatan khususnya penanganan Covid-19.

Sugianto berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian positif yang telah diraih dan mengupayakan area pembangunan yang belum mencapai harapan secara maksimal terutama di bidang infrastruktur dan perikanan.

Melalui Raker ini diharapkan terjadi komunikasi yang efektif antara seluruh peserta dan narasumber. Sugianto berpesan kepada seluruh Kades yang hadir agar tetap bersemangat, yang terpenting, punya jiwa kepemimpinan dan tekad untuk membangun Kalteng, jujur dan punya keberanian untuk mengambil terobosan-terobosan.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai apresiasi terhadap keberhasilan desa dan kelurahan dalam menjalankan dan mempercepat pembangunan di wilayahnya, Suginto menyerahkan hadiah berupa uang pembinaan kepada pemenang lomba desa tingkat Provinsi tahun 2019 antara lain Desa Wonorejo, Kabupaten Lamandau sebagai Juara I, Desa Jaya Kabupaten Barito Utara sebagai juara II, dan Desa Amin Jaya Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai Juara III.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Seruyan Rutin Atur Lalu Lintas

Selain itu hadiah berupa uang pembinaan diserahkan pula bagi pemenang lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2019, yaitu Kelurahan Kotawaringin Hulu sebagai juara I, Kelurahan Mentawa Hilir sebagai juara II , dan Kelurahan Lanjas sebagai juara III.

Selanjutnya sebagai bentuk kepedulian kepada para lansia dan penyandang disabilitas yang terdampak pandemi Covid-19, Sugianto menyerahkan secara simbolis launching Bantuan Sosial Pemerintah Provinsi Kalteng bagi lanjut usia dan penyandang disabilitas.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri dan sejumlah Bupati dan Wakil Bupati antara lain Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri, Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Bupati Lamandau Hendra Lesma, Wabup Kotim M. Taufiq Mukri, Wabup Barito Utara Sugianto Panala dan Wabup Sukamara H. Ahmadi. Sejumlah pejabat mewakili Kapolda, mewakili Danrem 102/PJG, mewakili Kabinda dan Wakajati serta Kepala OPD lingkup Provinsi Kalteng. (Hardi/beritasampit.co.id).