Satpol PP Provinsi Kalteng Siap Amankan Jalannya Pilkada

HARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah, Baru.

PALANGKA RAYA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah menyiapkan diri dalam rangka menyelenggarakan ketertiban umum, ketertiban masyarakat, perlindungan masyarakat, dan penegakan peraturan daerah dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

Kepala Satpol PP Provinsi Kalteng, Baru mengatakan, sudah menyiapkan anggota untuk mengamankan jalannya Pilkada, untuk anggota provinsi kurang lebih ada 200 orang dan untuk kabupaten/kota juga sudah menyiapkan 1000 lebih anggota serta ditambah dengan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebanyak kurang lebih 15.000 orang.

Linmas itu sudah tersebar di tingkat kelurahan, desa, dan sampai ketingkat RT. Mereka hadir untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Baru berharap pemilihan kepala daerah ini berjalan aman lancar dan tertib.

BACA JUGA:   Sambangi Korban Banjir, Kapolres Seruyan Berikan Bantuan

“Dalam hal ini kita siap, menjalankan tugas yang diberikan negara kepada kita. Untuk pengamanan akan mengerahkan 2 linmas, untuk masing-masing TPS,” kata Baru saat berada di Istana Isen Mulang, Minggu 20 September 2020.

Linmas tersebut sudah di SK kan oleh Bupati dan Wali Kota serta dilantik oleh Satpol PP. Baru menjelaskan, Linmas ini ada bukan hanya ada di Pilkada saja, akan tetapi pada saat bencana dan kekacauan di lingkungan, mereka selalu hadir.

BACA JUGA:   Brimob Kalteng Rutin Patroli Amankan Pelaksanaan Pilkada

Selain itu tugas dari Satpol PP ialah untuk memantau Pilkada bersama dengan Bawaslu, seperti ada yang memasang baliho kampanye belum pada waktunya atau melewati waktu yang sudah ditentukan akan cabut. Selain itu para Linmas dan petugas Satpol PP juga sudah menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan lainnya. (Hardi/beritasampit.co.id).