Optimistis TMMD Reguler ke-109 Sukses, Ini Alasan Dandim Sampit

SAMPIT – Komandan Kodim 1015/Spt Letkol CZI Akhmad Safari optimistis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah akan berjalan sukses karena juga didukung penuh masyarakat setempat.

“Masyarakat sangat mendukung kegiatan Program TMMD dan siap membantu bergotong-royong bersama prajurit TNI di wilayahnya. Kegiatan ini semakin mendekatkan sosok TNI dengan masyarakat, sehingga akan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata Akhmad Safari, Sabtu.

Kegiatan TMMD Reguler ke-109 akan dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir dan Babirah mulai 22 September hingga 21 Oktober 2020. Sejumlah target pembangunan fisik dan nonfisik telah ditetapkan untuk dicapai dalam kegiatan tersebut.

Untuk memastikan kesiapan di lapangan, Akhmad Safari bersama rombongan meninjau lokasi kegiatan. Turut hadir Pasi Intel Kodim 1015/Spt, Pasi Teritorial Kodim 1015/Spt, Danramil 1015 – 07/ Bagendang, Danramil 1015 – 06/Samuda, Dan Pok Intel 3 Dim 1015/Spt serta Camat Pulau Hanaut H Eddy Mashami.

Menurut Akhmad Safari, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan dan persiapan yang matang agar pelaksanaannya dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam TMMD Reguler ke-109 di antaranya membuat jembatan di Desa Bapinang Hilir yang meliputi Jembatan Handil Gayam, Jembatan Handil Samsu dan Jembatan Babirah.

“Program TMMD ke-109 ini sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di daerah khususnya untuk wilayah perdesaan daerah terpencil atau terisolir,” ujar Akhmad Safari.

TMMD juga bertujauan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat yang dalam pelaksanaannya akan melibatkan segenap komponen, baik dari unsur Polri, pemerintah maupun masyarakat guna terciptanya semangat kebersamaan dan gotong-royong.

Sementara itu, Camat Pulau Hanaut Eddy Mashami bersama masyarakatnya sangat antusias menyambut kegiatan ini. Baginya, TMMD akan sangat membantu dalam mempercepat pembangunan desa, khususnya di lokasi-lokasi yang menjadi sasaran dalam program TMMD tersebut.

“Masyarakat kami sangat senang karena kegiatan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Masyarakat kami tentu siap bersama TNI untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata Eddy.

Eddy Mashami mengakui, infrastruktur di desa-desa di wilayah yang dipimpinnya masih cukup terbatas. Diperlukan waktu untuk percepatan pembangunan karena anggaran yang dimiliki pemerintah daerah juga terbatas. (Rls/beritasampit.co.id)