Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Desa Pujon, Wagub Ajak Warga Tingkatkan Kewaspadaan

KUALA KAPUAS – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran yang diwakili oleh Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Kapuas, Selasa, 22 September 2020. Kunker ini dalam rangka meninjau langsung lokasi kebakaran dan menyerahkan bantuan kepada warga korban musibah kebakaran di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah.

Kebakaran di Desa Pujon tersebut terjadi Jumat 18 September 2020, sekitar pukul 22.30 yang menimpa Pasar Desa Pujon. Sebagaimana laporan dari Camat Kapuas Tengah Dodo, musibah kebakaran tersebut telah menghanguskan sekitar 74 rumah toko (ruko), 2 losmen, dan 2 barak, serta menyebabkan sebanyak 86 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Pujon terdampak.

Setibanya di Desa Pujon, Habib Ismail langsung meninjau lokasi kebakaran dan kemudian mengadakan pertemuan dengan para warga yang terdampak musibah kebakaran itu. Pada kesempatan itu pula, ia menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Provinsi Pemprov (Kalteng) kepada beberapa perwakilan korban kebakaran tersebut.

Dalam sambutannya, Habib Ismail Bin Yahya menyatakan turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi di Desa Pujon. “Alhamdullilah hari ini, itu ada 86 paket sesuai KK (Kepala Keluarga) yang terdampak musibah kebakaran. Ini adalah bukti perhatian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan kami juga mengucapkan turut berduka cita,” katanya.

BACA JUGA:   Hindari Penularan Covid-19, Ini Cara Dokter Hewan di Kawasan BOSF

Adapun bantuan yang diberikan Pemprov Kalteng melalui Dinas Sosial sebanyak 86 paket bantuan, yang tiap paketnya terdiri dari 10 kg beras, 20 bungkus mie instan, 5 kaleng sarden, 1 kg gula, 1 liter minyak, 500 gram garam, 1 kemasan kopi, 1 kotak teh celup, 1 botol kecap, dan 1 kaleng susu. Selain itu, Habib Ismail sendiri pada kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan pribadi.

Habib Ismail berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban yang ditanggung warga korban kebakaran. Ia meminta para korban untuk berusaha sabar dan ikhlas menghadapi ujian tersebut, serta dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari musibah yang terjadi.

“Kami mengharapkan setelah ini terjadi, sudah 3 kali, ayo kita sama-sama dan harus waspada. Yang telah terjadi adalah takdir, tidak bisa disesali lagi, lebih baik diikhlaskan dan berdoa. Tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Insyallah akan diganti dengan yang lebih baik, lebih bagus, dan lebih berkah,” ucapnya.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Seruyan Sosialisasi Penggunaan Helm dan Safety Belt

Lebih lanjut, Habib Ismail mengajak para warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan karhutla, serta terus mempererat rasa persaudaraan dan kepedulian.

“Sekali lagi kami mengucapkan turut berbelasungkawa. Di beberapa kabupaten sedang banjir, Pujon juga harus waspada dan berhati-hati, karena Sungai Hanyu, Sungai Pinang sudah banjir. Dilain tempat banjir, di sini kebakaran, di tempat lain ada karhutla. Sama-sama kita saling membantu, saling bahu-membahu, hindari perpecahan, hindari pertengkaran, apabila sekarang mendekati Pilkada,” pungkasnya.

Tampak mendampingi Wakil Gubernur dalam kunker penyerahan bantuan tersebut, antara lain Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalteng A. Elpiansyah, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kalteng Suriyanto, mewakili Kepala BPBD Mewakili BPBPK Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Provinsi Kalteng Reviko. (Hardi/beritasampit.co.id).