TMMD Ke 109 Kodim 1015/Sampit Resmi Digelar

SAMPIT – Kodim 1015/Spt menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 tahun 2020 di Lapangan Apel Makodim 1015/Spt, Jalan M.T. Haryono No. 56 Kecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotim, Selasa (22/ 09/ 2020) Pada Pukul 09.00 WIB.

Pada Acara Pembukaan TMMD ini, Bupati Kotim diwakili oleh M Toufiq Mukri menjadi Pimpinan Acara. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 102/Pjg yang Diwakili Karem 102/Pjg, Kapolres Kotim, Kepala Kejaksaan Negeri Kotim, Ketua DPRD Kotim, Dir Polairud Kalteng, dan Pos TNI AL Samuda, Ketua Pengadilan Negeri Kotim, Ketua PWI Kotim, Danki A Yonif R 631, Dansub Denpom Kabupaten Sampit dan sejumlah kepala SOPD di Sampit.

Komandan Kodim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari S.H menjelaskan TMMD ke 109 di Desa Bapinang Hilir kecamatan Pulau Hanaut kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan selama akan dimulai pada 22 September hingga 21 Oktober 2020 mendatang.

Letkol Czi Akhmad Safari S.H mengatakan TMMD merupakan salah satu bentuk jiwa TNI dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara bersama bergotong royong ikut serta membangun desa sebagai bagian dari komitmen TNI ikut membangun bangsa dan negara.

“Yaitu membantu tugas pemerintahan daerah, dalam arti sebagai komponen negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ,” katanya.

Program TMMD terdiri dari program fisik dan non fisik. Program fisik seperti, pembukaan jalan, peningkatan jalan, pembuatan MCK, rehab rumah ibadah dan lainnya. Program non fisik seperti sosialisasi dan penyuluhan.

“Program TMMD sesungguhnya rutin tiap tahun. Merupakan hasil kerjasama antara TNI dan Pemerintah Daerah. Kegiatannya berlangsung selama sebulan. Hasil kerja kami nantinya akan dikembalikan ke Pemkab” terang Dandim 1015/Spt.

Sementara itu, Komandan Kodim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari S.H berharap bahwa TNI dan masyarakat Desa Desa Bapinang Hilir harus saling bahu membahu untuk menyelesaikan pengerjaan dan itu sudah memang menjadi tradisi.

“Gotong royong sudah tradisi bangsa Indonesia, dan ini terus kita galakkan mudah-mudahan pengerjaan beberapa kegiatan fisik, selesai tepat pada waktunya,” pungkas Dandim 1015/Spt. (rls/beritasampit.co.id)