Brigade Diharapkan Mampu Meminimalisir Karhutla

:IST/BERITA SAMPIT- Wakil Bupati Mura Rejikinoor saat memimpin pembukaan pelatihan Brigade Pengendalian Karhutla

PURUK CAHU – Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor membuka secara resmi pelatihan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang Kota Puruk Cahu, Kamis 24 September 2020.

Dalam pembukaan tersebut, dihadiri oleh Kapolres Mura, AKBP Dharmeswara Hadi Kuncoro, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setda Mura, Serampang S,Sos, Asisten II, Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Ferry Hardi ST.MT, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rizal Samat S.Hut, Kepala Baplitbangda, Ir Pahala Budiawan. MM, Camat Laung Tuhup, Supriadi Usup, Camat Sungai Babuat, Rony Paska dan ratusan peserta brigade.

BACA JUGA:   Kapolsek Murung Ajak Masyarakat Bijak Bermedsos Terkait Pilkada Serentak 2020

Dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mura, Rizal Samat mengatakan, salah satu upaya mengendalikan Karhutla adalah dengan membentuk Brigade. Brigade tersebut dibentuk di setiap kecamatan dengan jumlah 15 orang dalam satu kecamatan.

“Anggota brigade ini direkrut melalui proses seleksi administrasi tes tertulis hasil fisik dan tes kesehatan, tes tersebut dilakukan langsung oleh Manggala Agni Muara Teweh kemudian ditetapkan dalam keputusan Bupati Mura,” Ungkap Rizal Samat.

Sementara itu, Wakil Bupati Mura, Rejikinoor menyampaikan bahwa acara ini penting untuk dilakukan guna meminimalisir Karhutla di Kabupaten Mura melalui peran brigade.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Dorong Kelurahan dan Pemdes Jadi Ujung Tombak Penyelesaian Sengketa Lahan

“Kita ketahui bersama Karhutla mempunyai dampak buruk terhadap ekosistem atau kelestarian lingkungan serta berdampak pada kesehatan. Apalagi saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga kesehatan menjadi prioritas yang tentunya membutuhkan kerja kita bersama, kolaborasi dari semua stakeholder yang ada,” Jelas Rejikinoor.

Wabup yang akrab di sapa Kinoi itu juga berharap, dengan keberadaan Brigade pengendalian Karhutla diharapkan mampu untuk menekan tingkat Karhutla di Kabupaten Mura.

“Brigade Dalkarhutla diharapkan mampu bekerja secara maksimal dengan bersinergi dan bekerjasama seluruh unsur baik TNI, Polri, BPBD, Camat, Kepala Desa dan seluruh masyarakat petani peladang,”Tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)