Ivo Sugianto Sabran Dikukuhkan Menjadi Bunda Paud Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Ivo Sugianto Sabran saat foto bersama dengan ana-anak.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran diwakili Asisten III, Bidang Administrasi Umum Lies Fahimah menghadiri acara Pengukuhan Bunda Forum Anak Daerah Provinsi Kalteng secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan acara Peringatan Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020, serta Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Gunung Mas, bertempat di Aula Eka Hapakat Lantai 3 Kantor Gubernur, Rabu 23 September 2020.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten III, Bidang Administrasi Umum Lies Fahimah, bahwa Gubernur mengungkapkan agar terhindar dari dampak negatif pandemik Covid-19 salah satunya adalah melakukan kegiatan berupa launching penyaluran bantuan sosial secara spesifik yaitu, pertama untuk anak-anak Panti Asuhan berupa bahan pangan yang disalurkan melalui Perum Bulog dan kedua untuk anak-anak yang membutuhkan bantuan tetapi berada diluar Panti Asuhan berupa uang yang disalurkan oleh Bank Pembangunan Daerah Kalteng.

“Kami berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dimana sejak tahun 2019 lalu, Pemerintah Provinsi Kalteng sudah memiliki Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA),” katanya.

Diungkapkan pula bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng juga sudah membantu dan mendorong Kabupaten/Kota se-Kalteng segera memiliki UPT PPA sendiri sehingga sistem menunjukkan pelayanannya dapat berjalan dengan baik.

Secara khusus Pemprov Kalteng mengucapkan terima kasih kepada Menteri, I Gusti Ayu Bintang Darmawati atas kehadirannya secara virtual pada acara tersebut. Saatnya, nanti akan mengukuhkan Ivo Sugianto Sabran sebagai Bunda Forum Anak Daerah Provinsi Kalteng.

“Lebih khusus lagi ucapan terima kasih untuk anak-anakku dari Forum Kalteng yang telah mengusulkan Ibu Ivo Sugianto Sabran sebagai Bunda Panutan dari anak-anak semua, percayalah bahwa saya dan Ibu Ivo akan selalu menjadi orang tua yang gigih dalam memperjuangkan hak anak-anak di Kalteng untuk menyongsong masa depan yang cerah,” tuturnya.

Dalam akhir sambutan Gubernur, diucapkan selamat sekaligus menitipkan dan mengingatkan kepada seluruh undangan yang hadir bahwa, pemenuhan hak-hak anak harus menjadi prioritas semua pihak secara terpadu, mulai dari keluarga, masyarakat dan pemerintah di semua bidang dan tingkatan. Sesuai dengan tema HAN Tahun 2020 ini, Anak terlindungi Indonesia maju. Pada kesempatan ini pula diserahkan secara simbolis bantuan sosial spesifik dari Gubernur Kalteng kepada anak Panti Asuhan dan 2 (dua) orang anak di luar Panti Asuhan.

Sementara itu, Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan selamat menjalan tugas kepada Bunda Paud Anak Daerah Provinsi Kalteng, sekaligus dalam peringatan HAN agar selalu berpikir positif dan terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Bunda selalu menanti karya anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Daerah di Provinsi Kalteng, tetaplah semangat manfaatkan waktu di rumah dengan hal-hal yang positif, inovatif dan menyenangkan semoga apa yang kita lakukan dapat menjadi sumbangsih bagi Bangsa dan Negara untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas Tahun 2045,” katanya.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan deklarasi pengukuhan Bunda Forum Anak Daerah Provinsi Kalteng oleh Menteri PPPA RI sekaligus pemasangan selempang dan penyerahan piagam penghargaan kepada Bunda Forum Anak Daerah Provinsi Kalteng oleh Menteri PPPA RI dalam hal ini diserahkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Lies Fahimah.

Selanjutnya Pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Bunda PAUD Daerah Provinsi Kalteng, Yulistra Ivo Azhari Nomor 414 Tahun 2020 Tanggal 14 September 2020, tentang Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samana Monong dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengukuhan dan pemasangan selempang kepada Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas.

Seusai acara pengukuhan, Bunda PAUD Daerah Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran menyampaikan, kepada awak media bahwa Forum Anak Daerah Provinsi Kalteng merupakan salah satu wadah untuk pemenuhan hak aspirasi anak. Diharapkan suara anak lebih didengar serta dilibatkan untuk memajukan daerah. Di era Pandemi Covid-19 ini juga supaya mendorong anak-anak sekalipun belajar dari rumah tetap bisa kreatif, tetap menyenangkan di rumah dan melakukan hal yang positif.

“Saya harapkan kepada Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas agar bisa mengukuhkan Bunda Forum Anak Daerah Tingkat Kabupaten juga, nanti akan ada surat imbauan secara berjenjang dari Provinsi ke Kabupaten melalui Dinas PPPA Provinsi Kalteng,” kata Ivo Sugianto Sabran.

Acara pengukuhan ditutup dengan menyaksikan tayangan video persembahan lagu-lagu Nasional dan lagu-lagu anak oleh Anak Daerah Kabupaten dan kota se-Kalteng yang merupakan apresiasi dan ekspresi dari anak-anak dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020.

Turut hadir pula dalam acara ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Prov. Kalteng, Unsur forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalteng, Bupati Kabupaten Gunung Mas beserta Ketua TP. PKK Kabupaten Gunung Mas. (Hardi/beritasampit.co.id).