KPU Prediksi Angka Partisipasi Pemilih Masih di Bawah 80 Persen

WAWANCARA : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Ketua KPU Kotim memberikan data kepada sejumlah awak media usai penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kotim tahun 2020.

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memprediksi pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kotim tidak mencapai 80 persen.

“Target partisipasi pemilih oleh KPU RI masih tetap sama ya, 77,5 persen, semoga bisa terlampaui ya,” ucap Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih kepada sejumlah awak media usai penetapan pasangan calon pemilihan bupati dan wakil bupati Kotim tahun 2020, belum lama ini.

BACA JUGA:   TNI Bangga TMMD Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

Berdasarkan daftar jumlah pemilih sementara, untuk pemilihan calon bupati dan wakil bupati Kotim tahun 2020 sebanyak 261.403 orang. Para pemilih tersebar di 893 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 17 kecamatan dan 185 kelurahan/desa.

Sedangkan angka pemilih, KPU Kotim menyebutkan bahwa ada penurunan sekitar 12.786 orang. Hal inilah, kemungkinan besar jumlah pemilih tahun 2020 tidak mencapai 80 persen.

BACA JUGA:   Sugianto: Pemimpin yang Baik Ialah yang Mampu Melayani Masyarakat Dengan Baik

Untuk itu, KPU Kotim mengharapkan kepada masyarakat untuk mengecek langsung apakah sudah terdaftar atau belum melalui lapak yang dibuka baik di kabupaten, di Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun di Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa, dengan harapan angka partisipasi pemilih tahun ini setidaknya mencapai 80 persen.

(ifin/beritasampit.co.id)