Tinjau Bencana Banjir Ke Setiap Desa, Wabup Katingan Minta Tenaga Kesehatan Siaga Pelayanan

KASONGAN – Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N.T Litang melaksanakan kunjungan kerja Ke beberapa desa di Kecamatan Kamipang dan Kecamatan Mendawai, yakni dalam rangka peninjauan korban bencana banjir sekaligus penyerahan bantuan sembako, pada Minggu 27 September 2020.
Dalam kesempatan itu, selain memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. Wakil Bupati Sunardi N.T Litang, meminta kepada seluruh tenaga kesehatan, baik perawat maupun bidan agar siaga di tempat tugas masing-masing untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik saat banjir maupun paska bencana banjir.
” Ini sudah menjadi tugas tenaga kesehatan, karena harus siaga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang wilayahnya terkena dampak banjir,” Terang Sunardi, Minggu 27 September 2020.
Sebab, menurutnya berbagai jenis penyakit akan sering menyerang kesehatan tubuh saat dan paska banjir karena suhu lingkungan yang dingin. Misalnya, seperti flu, batuk, sakit perut, gatal-gatal, diare dan muntaber. Penyakit inilah yang sering rentan menyerang kesehatan anak-anak. “Maka, saya tekankan kepada kepala desa agar proaktif melakukan monitoring terhadap pelayanan kesehatan,” tegasnya.
Dijelaskan juga, bahwa bencana banjir tahun 2020 ini, adalah merupakan salah satu banjir besar yang terjadi di Kabupaten Katingan. Hal ini karena intensistas hujan yang sangat tinggi dan menyebabkan air sungai Katingan meluap dan akhirnya terjadi banjir.
” Dengan demikian, yang harus di prioritaskan adalah selain memberikan bantuan sembako kepada masyarakat, juga harus diperhatikan kepada tenaga kesehatan agar menjaga kesehatan. Karena mereka ujung tombak yang menangani kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).
BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik