DPRD Kobar Dukung Pemindahan Pasar Burung

ILUSTRASI: IST/BERITA SAMPIT - Pasar Burung.

PANGKALAN BUN – Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) akan memindahkan pasar burung ke pasar Palagan Sari Kelurahan Madurejo, dengan harapan pasar Palagan Sari akan lebih ramai. Rencana ini didukung DPRD Kobar.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Kobar, Mulyadin, keberadaan pasar Palagan Sari ini merupakan tuntutan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun demikian keberadaannya masih sepi pengunjung.

Dengan pemindahan pasar burung ini, lanjut Mulyadin, pasar Palagan Sari bukan saja menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, tetapi nantinya juga menjadi pasar bagi masyarakat pecinta hewan piaraan, dan juga sebagai tempat penjual pakan burung dan umpan mancing.

BACA JUGA:   DPRD Minta Pemkab Perhatikan Korban Banjir Susulan di Kecamatan Kolam

“Kebetulan lahan pasar Palagan Sari ini masih sangat luas sehingga sangat memudahkan dalam penataannya. Diharapkan juga ada para pedagang lainnya yang mau membangun kios sendiri di atas lahan milik Pemerintah Daerah ini, sehingga akan menghidupkan pasar Palagan Sari,” tutur Mulyadin, Senin 28 September 2020.

Seperti yang sudah dilakukan 4 orang pedagang dan para pedagang lainnya dengan swadaya sendiri membangun kios dan dihibahkan bangunannya kepada Pemerintah Daerah Kobar.

“Partisipasi masyarakat dalam pembangunan begitu berarti, ada sinergitas antara masyarakat dan Pemerintah Daerah, ini wujud dari kekompakan yang selama ini tercipta, para pedagang dengan uangnya sendiri rela membangun kios, kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Daerah, dan mereka masih mau membayar kontribusi kepada daerah, ini sangat kami apresiasi,” imbuh Mulyadin.

BACA JUGA:   Program Konsorsium di Kobar, Jadi Percontohan Kabupaten/Kota Se-Kalteng

Agar Palagan Sari ramai pengunjung, menurutnya, Pemerintah Daerah khususnya Dinas terkait harus memiliki inisiatif atau berinovasi, misalnya mengadakan event khusus tentang perekonomian dan perdagangan di lokasi pasar Palagan Sari, agar tampak lebih hidup dan ramai. (Man/beritasampit.co.id).