Petani Milenial Ini Berhasil Olah Hasil Pertanian Jadi Pakan

IST/BERITA SAMPIT - Proses packing jagung pakan siap jual milik Krisman.

TAMIANG LAYANG – Seorang pemuda milenial Desa Kalamus, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur bernama Krisman kini berhasil mengolah hasil pertaniannya yaitu jagung menjadi pakan. Krisman adalah anggota Forum Petani Milenial Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Krisman mengakui, bahwa memang saat ini dirinya mencoba memulai tanam jagung pakan pada lahan pribadinya, dengan luas kurang lebih setengah hektare. Lahan itu, hasil panen jagung pakan 350 kg netto berbentuk pakan siap jual. Ia menjualnya ke Kota Ampah.

“Hasil panen tersebut menghasilkan uang Rp 1.575.000 dengan harga 4.500 per kilogram, ini membuat saya semakin semangat untuk fokus pada jagung pakan,” ujarnya, Sabtu 26 September 2020 di Tamiang Layang.

Lahan pertanian jagung itu, kata dia, diselingi dengan tanaman singkong gajah dan hasil panennya pun diatas 5 kilogram per pohon singkong. 

Kedepannya, Krisman juga akan tanam jagung pakan ini dengan luas lebih dari 2 hektare bersama warga sekitar desa. “Saya berharap besar, karena hasil panen jagung pakan ini benar-benar menguntungkan, saya sudah jalani proses tanam, panen sampai jual,” imbuhnya.

Ia berharap  dengan kondisi wabah Covid-19 sekarang ini semua warga, terutama pemuda masyarakat Barito Timur untuk bisa menjadi petani mandiri dan bisa bergandengan tangan fokus dalam usaha. (Udek/beritasampit.co.id).