Menuju PAUD Berkualitas, Pokja Bunda Paud Kobar Dikukuhkan

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama Usai acara pengukuhan Pokja Bunda PAUD.

PANGKALAN BUN – Dalam rangka mewujudkan Program Nasional gerakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berkualitas, Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD tahun 2020. Dalam kegiatan itu dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kobar Mina Irawati Ahmadi Riansyah dan Ketua TP PKK Kecamatan de Kobar, Rabu, 30 September 2020.

Dalam sambutannya Bunda PAUD Kabupaten Kobar Mina Irawati Ahmadi Riansyah mengatakan, PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan  sumber daya manusia Indonesia, untuk itu pengembangan PAUD disuatu daerah memiliki peran yang penting.

“Demi mensukseskan program gerakan Nasional PAUD yang berkualitas, maka kami pun telah mengukuhkan Kelompok Kerja Bunda PAUD tahun 2020, dimana kelompok kerja ini baru pertama kali dibentuk di Kobar, dimana Kelompok kerja ini merupakan mitra kerja dalam pengembangan PAUD,” kata Mina Irawati Ahmadi Riansyah.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa, keberadaan PAUD sangat penting bagi anak yang mulai tumbuh, karena pada saat anak berusia 5 tahunan, mereka ingin serba tahu pada lingkungannya.

Menurut Isteri Wakil Bupati Kobar ini, PAUD juga merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak anak-anak penerus bangsa akan menjadi modal pembangunan yang memiliki  daya saing tinggi, sehingga mampu membawa Indonesia menjadi negara bermartabat sejajar dengan negara-negara lain.

“Dan menyikapi pentingnya PAUD, maka Pemerintah pun terus mendorong akan kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk menghadirkan layanan PAUD Berkualitas, sebab Mengingat besarnya tantangan yang dihadapi, pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak,” ujar Mina.

Menurutnya, salah satu yang sangat strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa/kelurahan, sebagai motor Gerakan Nasional PAUD Berkualitas.

“Saya sangat menyambut baik dengan terbentuknya kelompok kerja PAUD, hal ini dalam rangka mendorong peran aktif dan memberikan motivasi kepada lembaga PAUD yang menyelenggarakan layanan PAUD di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Mina Irawati.

Untuk sekretariat kelompok Kerja PAUD sendiri katanya berada di Rumah Pintar Borneo Gemilang, dimana keberadaan rumah pintar merupakan program TP PKK Kobar, yang baru dIbuka 1 tahun yang lalu.

“Rumah pintar atau rumah baca Borneo Gemilang ini, selalu menerima kunjungan dari anak-anak pelajar, baik dari PAUD sampai tingkat SMA, namun untuk saat ini atau sejak Pandemi Covid-19 x sementara kunjungan di liburkan, karena anak anak sekolah pun melalui dalam jaringan,” Ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, karena saat ini telah memasuki masa New Normal maka pihaknya tengah mempersiapkan perlengkapan pendukung protokol kesehatan di dalam rumah pintar Borneo Gemilang. (Man/beritasampit.co.id).