Pemkab Murung Raya Diminta Perhatikan Sektor Pangan dan Pertanian

IST/BERITA SAMPIT- Gad F Silam SH.

PURUK CAHU – Anggota Komisi II DPRD Murung Raya (Mura), Gad F Silam meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura mendorong agar sektor pangan dan pertanian harus digalakan maskimal lagi.

“Pada peringatan hari tani nasional dan Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) ke-60 yang diperingati setiap tanggal 24 September lalu, mendorong agar setiap daerah harus berdikari ketahanan pangan dan pertanian,” Kata mantan Ketua DPRD itu, Rabu 30 September 2020.

Politikus PDI Perjuangan ini menerangkan, dalam rangka momentum hari tani nasional diharapkan Pemkab Mura dapat lebih fokus dalam pengembangan pertanian dan sektor pangan.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Melihat dari peluang yang kita miliki, sudah saatnya kita bisa menjadi lumbung pangan bagi kita sendiri, karena kita memiliki potensi dan lahan yang subur untuk dikelola, jadi harus kita manfaatkan,” bebernya.

Ia menambahkan, adanya pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terasa dampaknya, seharusnya mampu memicu Pemkab Mura untuk membangun secara bertahap sektor pertanian lokal.

“Secara geografis, dan karakteristik lahan yang kita miliki masih baik, dan hanya sedikit memiliki lahan gambut, sehingga ini bisa jadi potensi yang besar untuk dikembangkannya pertanian lokal agar menjadi tantangan kita semua bagaimana mengembangkan sektor pertanian untuk memenuhui pangan lokal di wilayah kita sendiri,” tambahnya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Ia juga berharap, di masa yang akan datang masyarakat Bumi Malai Tolung Lingo tidak lagi bergantung penuh pada ketersediaan pangan di wilayah lain, sehingga bisa berdikari dalam bidang pangan dan pertanian.

“Pertanian berkembang, kesejahteraan petani meningkat maka masyarakat tak perlu khawatir terhadap dinamika yang terjadi di wilayah lain yang dapat menyebabkan peningkatan harga pangan, jika wilayah kita sudah berdikari dalam pangan dan pertanian,” tandasnya. (Lulus/beritasampit.co.id)