Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Satgas Covid-19 Bubarkan Kerumunan Warga

IST/BERITA SAMPIT - Petugas Saat Melakukan Pembubaran

PALANGKA RAYA – Tindakan tegas dilakukan oleh Satgas Covid-19 dan Polresta Palangka Raya saat mendapati kerumunan massa yang berada di Jalan Riau, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Rabu 30 September 2020.

Hal tersebut dilakukan karena kerumunan massa yang mengaku mengikuti pembuatan E-KTP, ditemukan petugas tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda saat ini.

“Pembubaran kami lakukan, demi mencegah terjadinya penyebaran atau bahkan resiko penularan Virus Corona kepada masyarakat tersebut, mengingat lokasi yang berada di kawasan pemukiman,” kata Iptu Banar Loman Harto.

BACA JUGA:   Kapolsek Bukit Batu Sigap Sosialisasi Maklumat Kapolda Kalteng

Setelah itu, informasi dari pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) akan dilanjutkan pembuatan KTP elektronik tersebut di Kantor Dukcapil Jalan Ir. Soekarno, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Saya imbau kepada masyarakat sekalian, agar disiplin dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan yang berlaku saat ini, yakni menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktivitas,” tegasnya.

IST/BERITA SAMPIT – Petugas Saat Memberikan Sanksi Kepada Masyarakat Yang Melakukan Pelanggaran

Hal serupa juga dilakukan Polsek Bukit Batu dengan mengiatkan bahkan melakukan penindakan terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya yakni karena tak menggunakan masker.

“Sebanyak 6 (enam) orang pelanggar kami kenakan sanksi berupa kerja sosial, yakni membersihkan lingkungan karena tidak menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya,” kata Kapolsek Bukit Batu, Iptu Muludin.

BACA JUGA:   Hadiri Upacara Ziarah di Makam Pahlawan, Ini Pesan Kapolda Kalteng

Didampingi Sekretaris Camat Bukit Batu, Sri Utomo, Muludin yang memimpin kegiatan tersebut bersama personelnya juga turut mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.

“Selalu gunakan masker dan menjaga jarak fisik saat beraktivitas sehari-hari, demi terhindar dari resiko terjangkit Virus Corona yang amat mudah menular dan berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian,” tandasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)