Satgas TMMD Lakukan Penyuluhan di Ponpes Darul Iman

SAMPIT – Dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Pulau Hanaut, selain diisi dengan kegiatan sasaran fisik yaitu rehab tiga jembatan, renovasi mushola dan pembangunan pos terpadu, juga dilaksanakan kegiatan non fisik. Antara lain pengobatan gratis dan penyuluhan.

Salah satu kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan adalah penyuluhan tentang wawasan kebangsaan yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul Iman, Kamis 1 Oktober 2020. Penyuluhan ini diikuti sekitar 30 orang santri dan santriwati Ponpes Darul Iman.

“Melalui kegiatan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan ini diharapkan masyarakat akan semakin mencintai negeri ini,” ungkap Dandim 1015 Sampit Letkol Czi Akhmad Safari SH.

Wawasan kebangsaan sendiri merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kesatuan atau integrasi nasional bersifat kultural dan tidak hanya bernuansa struktural mengandung satu kesatuan ideologi, kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi dan politik serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional.

Wawasan kebangsaan menentukan bangsa menempatkan diri dalam tata berhubungan dengan sesama bangsa dan dalam pergaulan dengan bangsa lain di dunia internasional. (rls)