Gunakan Dana Desa, Pemdes Tewang Kampung Kolaborasi Bangun Badan Jalan

IST/BERITA SAMPIT - Proses pembuatan badan jalan desa sepanjang 2,9 Km di desa Tewang Kampung,Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan

KASONGAN – Warga Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan. Merasakan dampak positif kehadiran perusahan besar sawit (PBS) yang beroperasi di wilayahnya.

Kehadiran PT Persada Era Agro Kencana (PEAK) yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit ini dinilai sangat membantu, selain menyerap tenaga kerja juga mampu menjadi mitra pemerintah desa dalam mempercepat pembangunan desa.

“Alhamdulilah, melalui dana desa yang sudah kami alokasikan dan dibantu PT PEAK menyediakan alat berat pembangunan badan jalan desa hampir selesai,” ungkap Kepala Desa Tewang Kampung, Yandi. Jumat, 02 Oktober 2020.

Badan jalan desa ini dianggap sangat penting dibuat, tujuanya untuk memudahkan transportasi dan mempercepat perputaran ekonomi masyarakat.

Kendati demikian, Yandi juga berharap PT PEAK tetap memperhatikan nilai-nilai budaya dan kearifan masyarakat lokal dan bisa selalu bersinergi dengan pemerintah desa dalam mempercepat pembangunan dan ekonomi menuju kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:   Jalan Trans Kalimantan di Kasongan Tergenang Banjir Paling Parah

“Kami berharap sinergitas ini tetap terjalin dengan bagus. Pasalnya, selama ini PT PEAK banyak membantu warga desa Tewang Kampung,” terangya.

Pembangunan jalan ini merupakan kolaborasi pemerintah desa bersama PT PEAK melalui program Corporate Social Responsbility (CSR).

IST/BERITA SAMPIT – Proses pembuatan badan jalan desa sepanjang 2,9 Km di desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan

Pemerintah desa melalui dana desa menyiapkan keperluan pembuatan badan jalan, dari proses perintisan badan jalan, penyedian bahan, pembelian BBM alat berat dan kebetuhan lainnya.

“Ini merupakan kolaborasi antara pemerintah desa dan PT PEAK, perusahan membantu kami dengan menurunkan alat berat dan operatornya, selebihnya kita bangun menggunakan dana desa,” tambahnya.

Ditempat yang sama General Manager (GM) PT PEAK Wawan Sudarwanto, melalui Humasnya Jaswandi P Tandjung mengatakan proses pembuatan badan jalan ini hampir rampung 100%.

BACA JUGA:   Cekcok Usai Pesta Minuman Keras, Hartawan Tewas di Tombak Temannya

“Pembuatan Jalan Desa Tewang Kampung sepanjang 2.900 meter dan sudah hampir 100 %. Siap dinikmati warga desa untuk akses pertanian dan perikanan,” jelasnya.

Sebelumnya PT PEAK juga memberikan bantuan di bidang pertanian dengan menyediakan bibit Nanas.

Bibit tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosial atau CSR PT PEAK terhadap lingkungan sekitar.

Selain sebagai upaya melestarikan lingkungan, juga mengajak masyarakat untuk mengolah lahan lebih produktif dengan cara mengubah lahan gambut menjadi kebun nanas yang nanti diharapkan menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Program ini sengaja diberikan di Desa Tewang Kampung yang merupakan salah satu Desa Binaan PT PEAK.

(kawit/beritasampit.co.id)