Peringati HUT Kobar Ke 61, Kapolres Hadiri Ziarah Ke Makam Pendiri Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan ziarah makan para pahlawan pendiri Kobar.

PANGKALAN BUN – Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Andi Kirana menghadiri ziarah makam pendiri Kobar, Jumat 2 Oktober 2020. Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, unsur FKPD ini dalam rangka menyambut hari jadi ke 61 Kabupaten Kobar yang jatuh pada 3 Oktober.

“Upacara ziarah makam ini merupakan rutin yang digelar setiap tahun dalam menyambut HUT Kobar sekaligus menghormati jasa para pahlawan,” ujar AKBP Andi Kirana.

Ziarah dilakukan di dalam kawasan pemakaman umum SKIP. Di sini ada 6 pusara makam pendiri Kobar di antaranya Gusti Moch Sanusi, Azhar Mukhtas, Dahlan Abas, Abdullah Mahmud, Djanuri, dan Ahmad Said.

Lalu dilanjutkan ziarah ke pusara makam Pangeran Ratu Anum Kusumayudha (Sultan Kutaringin XI), Pangeran Ratu Immanudin (Sultan Kutaringin IX), Pangeran Ratu Ahmad Hermansyah (Sultan Kutaringin X), dan Pangeran Ratu Sukma Alamsyah (Sultan Kutaringin XIII) di Makam Kerajaan (Gubah Bosar dan Gubah Kocit) yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Raja, Pangkalan Bun.

Dalam pidatonya, Nurhidayah menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi- tingginnya kepada pendiri Kobar atas jasa dan amal baktinya dalam membangun Kobar, semoga segala amal baiknya diterima Allah SWT.

Selain melakukan peletakan karangan bunga, kemudian dilanjutkan tabur bunga ke setiap pusara makam para pendiri. Kegiatan ziarah juga dirangkai dengan upacara penghormatan sekaligus doa bersama untuk para pendiri Kobar. (Man/beritasampit.co.id).