Apresiasi Program Si Komos, PLT Gubernur Kalteng : Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa

HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat membuka launching Si Komos.

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya hadiri Launching (Peluncuran) program Sarana Interaksi dan Komunikasi Sosial (Si Komos) usai kegiatan Ramah Tamah dalam rangka Peringatan HUT ke-75 TNI di Makorem 102/PJG, Kota Palangka Raya, Senin, 5 Oktober 2020.

Peluncuran Si Komos ditandai dengan pemotongan pita oleh Habib Ismail, dan kemudian bersama Kapolda Kalteng dilanjutkan dengan penyiraman air bunga ke Unit Roda Tiga Si Komos, serta pemecahan kendi oleh Danrem 102/PJG.

Tampak menyaksikan peluncuran tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Mukri, dan Kabinda Brigjen Pol Slamet Urip Widodo.

Dalam sambutannya saat ramah tamah, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menjelaskan, bahwa Si Komos ini merupakan program sosial yang diinisiasi oleh Korem 102/PJG, dengan menggunakan kendaraan roda tiga untuk membantu masyarakat di wilayah terpencil atau pedalaman, yang sulit dijangkau mobil.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Salurkan Sembako Bantuan untuk Korban Banjir

“Di akhir ramah tamah, saya akan melaksanakan launching Si Komos. Kenapa saya namakan Si Komos, Ini merupakan Sarana Interaksi dan Komunikasi Sosial untuk tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah, untuk bisa berinteraksi secara maksimal dengan masyarakatnya,” jelasnya.

Karena, kata Brigjen TNI Purwo, Si Komos ini nanti akan (melayani) perpustakaan, genset, sound, dan sarana pengeras suara atau pengumuman pada masyarakat di wilayah, khususnya di daerah terpencil atau daerah tertinggal, sehingga Si Komos ini bisa membantu kesulitan masyarakat.

BACA JUGA:   Sambut HUT Pelopor Ke-61, Satbrimob Polda Kalteng Upacara dan Pensucian Tunggul Batalyon

Sementara itu, dalam sesi wawancara, Habib Ismail sangat menyambut baik dan apresiasi program Si Komos yang digagas Korem 102/PJG.

“Si Komos, program yang sangat luar biasa, untuk mencerdaskan anak bangsa, untuk bisa meningkatkan minat baca daripada anak-anak kita di daerah pedalaman-pedalaman, pedesaan-pedesaan yang tidak bisa dijangkau oleh mobil-mobil. (Kendaraan) roda tiga ini saya kira sungguh hebat. Bravo TNI, sinergi untuk negeri,” katanya.

Habib Ismail pun selanjutnya menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya atas peran TNI. Menjaga kedaulatan di perbatasan, TNI bukan hanya perang, ternyata TNI juga terlihat aktif di segala bidang, seperti karhutla, banjir, bahkan penanganan Covid-19. TNI memang benar-benar aktif berada di tengah-tengah rakyat. (Hardi/beritasampit.co.id).