Budidaya Udang Vaname di Sukamara, Masuki masa Uji Sampel

SUKAMARA – Pelaksanaan budidaya tambak udang Vaname di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara saat ini memasuki uji sampel udang.

Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa tahap uji sampel udang ini yaitu melakukan panen dibeberapa titik lokasi tambak.

“Uji sampel ini untuk mengetahui perkembangan bibit udang yang sudah kita sebar sebelumnya,” kata Windu Subagio, Senin (5/10/2020).

BACA JUGA:   BKPRMI Sukamara Raih Juara Umum Dalam Lomba Gema Muharram Tingkat Provinsi

Dalam kesempatan itu, Windu menegaskan bahwa panen yang dilakukan hanya sebatas uji sampel dengan tujuan untuk mengetahui isi atau volume udang didalam tambak.

“Jadi kita bisa mengetahui atau mendapat gambaran berapa ton nanti pada saat panen,” kata Windu.

Setidaknya ada 8 titik uji sampel udang yang diambil dan ditarget dapat dipanen udang Vaname sebanyak 5 ton dalam satu titik.

“kita target dalam satu kolam itu nantinya bisa panen 5 ton udang,” ucap windu.

BACA JUGA:   Wabup Sukamara Harapkan Penyaluran CRS Transparan dan Akuntabel

Dengan adanya uji sampel tersebut, pemerintah Kabupaten Sukamara optimis upaya budidaya udang vaname dapat dilaksanakan dengan baik, hal itu lantaran udang vaname yang ditebar di tambak tersebut bisa hidup dan berkembang dengan bagus.

“Jadi tambak ini merupakan tambak percontohan yang bekerjasama dengan dinas perikanan serta pihak ketiga, kita berharap ini nanti berhasil,” tukas Windu.

(enn/beritasampit.co.id)