Bupati Sakariyas Minta Kades Jadi Contoh Pembangunan

PELATIHAN : IST/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat membuka kegiatan pelatihan di di aula kantor Bappelitbang Katingan, Selasa 5 Oktober 2020.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Katingan gelar kegiatan pelatihan fasilitasi dalam pengelolaan dana desa, teknis penyusunan peraturan desa tentang kewenangan desa, laporan aplikasi Human Development Worker (eHDW) dan aplikasi Desa Melawan Covid (eDMC), di aula kantor Bappelitbang Katingan, Selasa 5 Oktober 2020.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Katingan Sakariyas, tersebut dikhususnya bagi Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya serta Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se – Kecamatan Katingan Kuala. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini dari Kejaksanaan Negeri Katingan, Polres Katingan, Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Tengah serta DPMD Katingan.

Bupati Katingan Sakariyas, dalam sambutannya berharap setelah mengikuti kegiatan tersebut semua desa di wilayah Kecamatan Katingan Kuala, bisa jadi contoh untuk pemanfaatan kewenangan yang tepat.

BACA JUGA:   Gelar Syukuran 2 Tahun Menjabat, Bupati Katingan Ungkap Hubungannya Dengan Sunardi

“Dan menjadi contoh pembangunan dana desa yang baik, menjadi contoh dalam pengelolaan dana desa yang benar,” jelas Sakariyas.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, kembali mengingatkan bahwa fokus pembangunan jangka menengah Kabupaten Katingan untuk tahun 2020 ini adalah pengembangan kualitas dan aksesibilitas infrastruktur untuk kemajuan ekonomi, nilai tambah produkai pertanian, mendorong investasi dan pengembangan perdesaan. Pasalnya, hal ini mengacu pada pasal 79 undang-undang nomor 6 tentang desa yang berbunyi “Pemerintah desa menyusun perencanaan pembangunan desa sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten/kota”.

“Maka saya meminta kepada semua desa di Kabupaten Katingan, bahwa dalam perencanaan pembangunan desanya untuk tahun 2021 mengacu pada fokus pembangunan Kabupaten Katingan, yaitu Pemantapan struktur ekonomi dengan sumberdaya manusia yang berdaya saing dan optimalisasi sumberdaya alam berbasis pertanian yang berkelanjutan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Karang Taruna akan Kirim Bantuan Sembako ke Korban Banjir di Katingan

Lanjutnya menambahkan, seperti yang kita ketahui bersama, dengan masih adanya covid-19 belum berlalu, datang lagi musibah yang melanda hampir semua kecamatan, mulai dari Bukit Raya sampai Kecamatan Kamipang di wilayah Kabupaten Katingan tentunya banyak kegiatan masyarakat yang tergangu, banyak kegiatan yang tertunda, banyak kerugian ekonomi.

“Namun kita tetap bisa bersyukur. Saya percaya bahwa kita akan bisa melewati situasi ini dengan baik. Saya optimis kalau bersama-sama kita akan mampu lebih cepat pulih, dan saya juga yakin masyarakat Kabupaten Katingan akan bisa bangkit dan berkembang terus,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)