Legislator PKB Minta Penyerapan Anggaran APBD Perubahan Dapat Memberikan Dampak Positif

IST/BERITA SAMPIT- Sekretaris Fraksi PKB, Akhirudin

PURUK CAHU – Sekretaris Fraksi PKB Akhirudin mengharapkan belanja daerah dapat memberikan dorongan terhadap perkembangan ekonomi daerah dengan memberikan efek multiplier (multiplier effect), bagi peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih merata.

“Berdasar pertimbangan kemampuan keuangan daerah, yaitu kemampuan pendapatan dan pembiayaan. Dengan penurunan APBD Perubahan yang tersisa sebesar Rp 112,363,749,846 tersebut tentunya dalam belanja juga diperhatikan efektivitas anggaran mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Murung Raya (Mura) perlu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran termasuk kepada stakeholder dan masyarakat,” ungkapnya, Senin 5 September 2020.

BACA JUGA:   Tuti Marheni: Seharusnya Desa Sudah Maju dan Mandiri Karena Memiliki Anggaran Besar

Menurutnya, perihal ini dikarenakan pelaksanaan sangat mendesak yang hanya efektif 60 hari dan dapat berakibat pada kesalahan atau penyelewengan dalam laporan keuangan juga lonjakan silpa, apabila dana tidak terserap dikarenakan kegiatan tidak terlaksana.

“Kami Fraksi PKB meminta agar penyerapan anggaran diharapkan bukan hanya sekadar terserap saja namun juga diharapkan penyerapan memberikan efek positif dalam rangka menggerakan pembangunan daerah dan memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi rakyat,” Ujarnya.

BACA JUGA:   PT IMK Salurkan Alkes dan 1 Unit Mobil Ambulans Ke Pemkab Mura

Dirinya juga mengungkapkan lagi bagaimana Pemda Mura mampu untuk menggali sumber pendapatan secara luas sehingga pendapatan daerah mampu terkumpul sebanyak-banyaknya.

“Kita ingin Pemkab Mura memperhatikan sektor-sektor lainnya yang bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar bisa mendorong pembangunan yang ada di Mura,” Tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)