Lewat TMMD Kemanunggalan TNI dan Rakyat Tercipta

TAMIANG LAYANG – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup bangsa yang sekaligus berperan sebagai garda untuk keutuhan NKRI berjalan dengan tertib dan aman.

TNI secara historis juga berasal dari rakyat biasa dan tentunya mereka akan kembali ke rakyat pula. Hal itulah yang tergambar saat Satgas TMMD ke 109 Kodim 1012/Buntok bersama masyarakat Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur.

Berkumpul nya prajurit TNI dengan masyarakat tersebut sekedar melepaskan penat dan rasa capek setelah seharian melakukan aktivitas fisik dan nonfisik.

“Setiap malam tetap kami melakukan silahturahmi dengan masyarakat desa setempat, ada kalanya cuman duduk sambil bercerita di temani secangkir kopi. Kadang bermain domino juga, yang kalah di jepit pakai jepitan pakaian,” ujar Prada Duma, salah seorang satgas TMMD Kodim Buntok.

Terkadang menurut Prada Duma, sebagian pemuda yang juga terlibat dalam kegiatan bersama di malam hari dipersilahkan oleh Satgas TMMD agar beristirahat bersama anggota TNI angkatan darat dari Kodim 1012/Buntok. (din)