Pemkab Barito Timur Latih Pelaku UMKM

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Barito Timur, Abdul Muis (kanan) dan Narasumber, Hari Arayanto (kiri).

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian menggelar pelatihan kewirausahaan, yang dikuti 36 pelaku UMKM di Barito Timur.

Pelatihan digelar selama 5 hari, dari tanggal 5 Oktober sampai 9 Oktober 2020. Hadir sebagai narasumber yaitu dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Hari Arayanto.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Barito Timur, Abdul Muis, Selasa 6 Oktober 2020 mengatakan, bahwa pelatihan ini guna mengenjot peluang usaha, agar pelaku usaha mampu mengembangkan usahanya di masa pendemi Covid-19 saat ini.

BACA JUGA:   75.219 DPT Disahkan, Ketua Pelaksana Harian KPU Bartim Imbau Warga Gunakan Hak Pilih

Dengan kondisi pendemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi masyarakat, dan membuat lesu dan bingung para pelaku untuk mengembangkan usaha agar mampu bertahan. Sebab itu, menurut Abdul, berkembangnya usaha tentu perlu adanya pelatihan dan pengetahuan.

“Pelatihan yang diberikan diantaranya, pengetahuan desain kemasan, cara pemasaran produk, label halal, hak merk produk yang mengacu pada kreatifitas dan inovasi, adanya tanya jawab serta memberi semangat yang konsisten, gigih bagi pelaku usaha,” paparnya di Tamiang Layang.

Selain itu, pelaku usaha juga akan diajarkan bagaimana labeling, fungsi, manfaat dan cara membuat barcode, cara mengajukan label halal serta pengetahuan tentang sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik.

BACA JUGA:   Ekonomi Masyarakat Menurun, Wabup Bartim: Sektor Pertanian Peluang Menjanjikan

Melalui pelatihan ini, ia berharap pelaku usaha memiliki kesempatan untuk menggali informasi yang bermanfaat tentang strategi meningkatkan penjualan produk dengan desain kemasan yang menarik, dan semangat dalam kembangkan usahanya secara optimal.

“Harapan kita para pelaku usaha ini bisa berkembang pesat dan akan meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi mereka dan tercipta roda pembangunan ekonomi yang aktif dan maju di Bartim,” tutupnya. (Udek/beritasampit.co.id).