Ajarkan Kedisiplinan, Satgas TMMD Latih PBB Para Pelajar

SAMPIT – Tidak hanya memiliki keahlian bertempur, Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut juga memiliki pengetahuan dan keahlian tentang Pendidikan Baris Berbaris (PBB). Pengetahuan tersebut kemudian diajarkan kepada para pelajar SMP 3 dan MTs di Kecamatan Pulau Hanaut.

Sersan Satu Slamet, salah seorang prajurit terbaik Satgas TMMD yang mengajarkan dan melatih para pelajar tersebut tentang PBB. “Pendidikan baris berbaris ini untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin¬† dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab,” terang Sertu Slamet, Selasa 6 Oktober 2020.

BACA JUGA:   Pergeseran Logistik Melalui Sungai Jadi Tantangan Tersendiri Pada Kegiatan TMMD

Selain itu, jelasnya, PBB juga untuk meningkatkan kedisiplinan perorangan maupun beregu, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat berada di sekolah. Kemudian mempertebal rasa semangat kebangsaan dan patriotisme.

“Menciptakan rasa kebersamaan dalam kelompok, menciptakan tindakan yang cekatan dan bertanggung jawab, serta meningkatkan sikap konsentrasi,” lanjutnya.

Para pelajar MTs dan SMP 3 Pulau Hanaut sangat antusias mengikuti latihan PBB tersebut. Meski berada di bawah terik matahari, namun mereka tetap semangat dan konsentrasi mendengarkan semua arahan dan petunjuk yang disampaikan Sertu Slamet.

Sementara itu, Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Czi Akhmad Safari SH mengungkapkan, materi PBB yang diajarkan kepada pelajar MTs dan SMP di Kecamatan Pulau Hanaut merupakan bagian dari sasaran non fisik kegiatan TMMD Reguler ke-109.

BACA JUGA:   Banyak Desa Perlu Bantuan, Tokoh Agama Harap TMMD Berkelanjutan

“Baris berbaris adalah salah satu wujud latihan fisik guna menanamkan displin dan membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada bentuknya suatu watak tertentu,” jelas Dandim.

Selain itu, Dandim juga memuji semangat juang anggota Satgas TMMD Reguler ke-109 yang meluangkan waktu di tengah kesibukan mereka untuk melatih para pelajar SMP dan MTs pendidikan baris berbaris. (Rls/beritasampit.co.id).