Ketua Bawaslu Seruyan Harap Media Beritakan Semua Paslon dengan Seimbang

AHMAD/BERITA SAMPIT - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan, Yulius Setiawan (kanan), Ketua PWI Seruyan M Yadi (kiri), Rabu 07 Oktober 2020.

KUALA PEMBUANG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan, Yulius Setiawan, meminta kepada media agar memberikan berita berimbang  kepada setiap pasangan calon (paslon) yang mengikuti Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung langsung ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Seruyan, Rabu 07 Oktober 2020, Yulius Setiawan, mengingatkan kepada awak media  agar bisa memberitakan masing-masing paslon secara seimbang.

BACA JUGA:   Wujudkan Kalteng Bersinar, Kesbangpolinmas Bentuk Satgas

“Boleh memberitakan paslon yang sedang kampanye, asal seimbang. Jangan sampai nanti media dianggap oleh masyarakat berpihak dengan paslon tertentu,” kata Yulius.

Pria yang juga pernah berprofesi sebagai wartawan ini, memang memaklumi jika seringkali media terbentur dengan adanya bentuk kerjasama iklan atau advetorial dengan pasangan calon.

Namun yang perlu diperhatikan, lanjutnya, jangan sampai menjelekan paslon lain, dan tetap menyediakan ruang bagi semua paslon dalam pemberitaanya.

BACA JUGA:   Pendapatan Masyarakat Menurun, Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan

Selain itu, bawaslu juga menyoroti aktivitas kampanye melalui media sosial, yang kebanyakan saat ini dilakukan oleh masyarakat atau simpatisan, bukan dari tim sukses paslon.

“Namun hingga saat ini, paslon belum menyampaikan akun resmi mereka kepada kita, sehingga sulit dalam pengawasannya,” jelasnya. (ASY)