Pemprov Kalteng Kembali Salurkan Bantuan Sosial Tahap II

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat penerima manfaat.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) selalu hadir untuk membantu masyarakat. Pada situasi pandemi Covid-19 disalurkan bantuan sosial untuk ratusan ribu keluarga penerima manfaat. Tahap pertama berupa uang tunai.

Tahap kedua ini Pemerintah Provinsi Kalteng menyalurkan batuan dalam bentuk sembako seperti beras, gula dan lainnya, yang disalurkan oleh Dinas Sosial secara bertahap, mulai 11 September 2020 hingga saat ini.

Penerima bantuan sosial tahap II adalah 112.429 keluarga penerima manfaat tersebar di 13 kabupaten dan 1 kota. “Sudah mulai disalurkan bantuan sosial berupa sembako untuk warga masyarakat Kalteng tahap II sembari berjalan. Selain bantuan sosial dari Pemprov untuk warga terdampak banjir,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kalteng, Rian Tangkudung.

Penyaluran dilakukan di kantor kelurahan. Seperti yang terlihat di Kelurahan Bukit Tunggal, Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu. Dimana dibagikan sebanyak 1.200 penerima bansos. Penyaluran dipantau langsung oleh Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso, termasuk Lurah Bukti Tunggal Heri Fauzi serta seluruh pihak terkait, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. Pembagian dilakukan secara bertahap selama beberapa hari kedepan.

BACA JUGA:   Kunjungi Korban Banjir, Bupati Seruyan Berikan Bantuan

“Berupa bahan pangan untuk menjaga ketahanan pangan dan menjaga asupan gizi masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak pandemi dan memastikan bahwa bansos diterima oleh masyarakat. Saat ini bertahap, di Kelurahan Bukit Tunggal ada 1.200 penerima dan ini terus disalurkan,” kata Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Budi Santoso.

Dikatakan Budi, untuk tahap kedua berupa bahan pangan terdiri dari beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, sarden, susu kental manis. Pemprov Kalteng terus berupaya untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19.

BACA JUGA:   Desa Belanti Siam Diharapkan Menjadi Pilot Project Program Food Estate

Pembagian juga dilakukan secara protokol kesehatan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama baik mulai tahap pengecekan KTP, nama, hingga penyerahan bantuan.

Diketahui, sejak di launching oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, beberapa waktu lalu, kesiapan Dinas Sosial terus dilakukan agar penyaluran penerima bantuan sosial tersebut tepat sasaran serta terverifikasi dengan baik.

Penyaluran sudah mulai tanggal 21 September 2020, meliputi di kantor Dinsos, Kelurahan dan di wilayah Kota Palangka Raya lainnya. Kemudian dilanjutkan ke wilayah Kotim dalam pekan ini, hingga Pulang Pisau dan wilayah Barito, kemudian pekan depan sampai ke wilayah Kabupaten lainnya. (Hardi/beritasampit.co.id).