Begini Tekat Irawati Ingin Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Kotim

IST/BERITA SAMPIT - Irawati, saat memberikan orasinya dalam kegiatan sosialisasi dialogis terbatas, tampak juga Calon Bupati Halikinnor, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

SAMPIT – Mewujudkan kemandirian ekonomi perempuan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menjadi gagasan dan juga tekat kuat Calon Wakil Bupati Kotim, Irawati. Menurutnya perempuan juga memiliki hak dalam berbagai aspek baik itu di bidang ekonomi, kebebasan berpolitik, kesempatan pendidikan dan juga dalam bekerja.

Salah satunya yang menjadi sorotan dari pasangan yang akrab dipanggil Harati ini, yakni ingin seluruh kalangan perempuan yang ada di perkotaan maupun di desa hingga ke pelosok, bisa merasakan pemerataan pembekalan pendidikan yang mampu membantu perekonomian rumah tangganya.

BACA JUGA:   PANTAS Peserta Terakhir Daftar ke KPU Kotim

Baginya kemandirian ekonomi perempuan bisa direalisasikan dalam berbagai program pemberdayaan ekonomi perumahan. Bisa dalam bentuk industri kecil rumahan, seperti industri pembuatan makanan ringan yang dapat dibuat di masing-masing perumahan, atau bisa juga industri pakaian atau busana, atau industri asli yang dimiliki daerah.

“Kita harus membekali wawasan keterampilan kreatif dengan memberikan pelatihan untuk ibu rumahan di kota dan desa, agar bisa mandiri dan berpenghasilan melalui UMKM,” ungkap Irawati, Sabtu 10 Oktober 2020.

BACA JUGA:   Begini Tekat Kuat Halikinnor Membangun Sektor Pertanian Kotim yang Modern

Peran pemerintah juga sangat penting dalam pemberdayaan perempuan, dan Kotim menurutnya memiliki wilayah desa yang cukup banyak sekitar 168 desa ditambah dengan Kelurahan, mestinya lebih banyak memperhatikan menguatkan ekonomi sektor kecil, seperti UMKM yang juga termasuk dalam menguatkan ekonomi daerah agar mampu bersaing di era globalisasi saat ini. (Cha/beritasampit.co.id).