Perhatian Profesor Birute Terhadap Orangutan Dimasa Pandemi Cukup Tinggi

PENULIS : Maman Wiharja.

Profesor Dr Birute Mary Galdikas adalah pakar senior, orang nomor satu peneliti orangutan di dunia, yang telah lama menyandang Presiden Orangutan Foundation International (OFI).

Sudah hampir 10 bulan, Profesor Birute tertahan di Amerika karena pandemi Covid-19. Namun, walaupun berada di luar negeri Profesor Birute, perhatiannya cukup tinggi terhadap keberadaan orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), karena setiap saat selalu monitoring melalui telepon jarak jauh.

“Thank you for the beautiful writings and interesting drawings from the schoolchildreen tnk (Terima kasih atas tulisan indah dan gambar menarik dari anak sekolah terima kasih),“ kata Prof. Dr Birute Mary Galdikas, melalui pesan singkatnya.

BACA JUGA:   Terbesar di Indonesia, SMSI Diminta Sehatkan Demokrasi Lawan Hoax

Ucapan terimakasih tersebut di atas, adalah balasan SMS dari Profesor Birute, saat usai acara Kampanye Orangutan melalui edukasi daring, melaporkan sejumlah lembar isian soal yang dijawab anak-anak sekolah yang telah mengikuti kampanye orangutan melalui edukasi daring.

“Setiap, kami menggelar kampanye orangutan melalui edukasi daring dengan anak-anak sekolah, sebelumnya kami melaporkan dulu kepada Ibu Profesor Birute, untuk minta saran dan petunjuk dari beliau,” kata Dorprawati Sibuarian, SH, Koordinator Kampanye Orangutan, saat dikonfirmasi penulis.

BACA JUGA:   Dimyati Natakusumah: Tanpa Pers Ibarat Langit Tak Berbintang

Kemudian, sejumlah lembar jawaban soal yang telah diisi oleh anak-anak sekolah, berikut fotonya dishare ke Profesor Birute. “Dan jawabannya, antara lain seperti tadi ada ucapan terimakasih dari beliau,” imbuh Dorprawati.

Kegiatan Kampanye Orangutan melalui edukasi daring, kemudian dilaporkan kepada Profesor Birute di luar negeri. Pengamatan penulis merupakan salah satu terobosan baru, untuk meningkatkan kecintaan kepada orangutan.

Apalagi nanti kedepannya, kalau digelar kampanye orangutan kemudian dikemas dengan dialog langsung anak-anak sekolah bersama Profesor Birute, melalui daring. Maka anak-anak sekolah akan lebih semangat untuk mengikuti kampanye daring. Semoga.