Sinergitas Kebijakan Pemdes dan Pemkab Barito Timur Diatur Dewan

IST/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio, S.Pd.

TAMIANG LAYANG – DPRD Barito Timur menggelar rapat paripurna penyampaian keputusan Pimpinan DPRD terkait Rancangan Peraturan Raerah (Raperda) tentang pembentukan produk hukum desa, Senin 12 Oktober 2020.

Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio, S.Pd yang memimpin rapat tersebut menjelaskan, bahwa penyampaian keputusan Pimpinan DPRD merupakan tahap akhir dalam membahas Raperda tersebut.

“Ini merupakan tahap akhir sekaligus hasil dari fasilitasi Gubernur Kalimantan Tengah,” ucap Nursulistio usai rapat paripurna yang digelar secara zoom virtual tersebut.

BACA JUGA:   DPRD Bartim Sampaikan Usulan Perda Inisiatif Ke Gubernur

Menurut dia, pada prinsipnya Perda yang telah disahkan bertujuan untuk mensinergikan kebijakan Pemerintah Desa (Pemdes) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar memiliki visi dan misi yang sama.

“Ini juga untuk penguatan kebijakan di Pemerintah Desa serta membangun sinergitas antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten,” imbuh Nursulistio di kantor DPRD Barito Timur, Kota Tamiang Layang.

Diketahui, produk hukum desa adalah produk hukum berbentuk peraturan yang meliputi peraturan desa, peraturan bersama Kepala Desa, peraturan Kepala Desa, peraturan Badan Permusyawaratan Desa serta keputusan lainnya yang meliputi keputusan Kepala Desa maupun keputusan Badan Permusyawarata Desa.

BACA JUGA:   Petani Milenial Ini Berhasil Olah Hasil Pertanian Jadi Pakan

Setelah paripurna keputusan Pimpinan DPRD, dokumen tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah agar segera diajukan ke Pemerintah Provinsi untuk mendapatkan nomor register dari Bagian Hukum Setda Provinsi Kalimantan Tengah. (udek/beritasampit.co.id)