Jalan Konsorsium Segera Diserahkan Ke Pemkab Kobar

ILUSTRAS : Maman/BERITA SAMPIT

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Kotawaringin Barat Joni Gultom mengatakan, pembangunan jalan konsorsium sepanjang 17 Km yang telah dibangun PT Korintiga Hutani (KTH) sudah 100 persen fungsional.

Rencananya tanggal 22 Oktober 2020 PT KTH akan menyerahkan hasil konsorsium pembukaan Jalan Ruas Pangkut – Nangamua Kecamatan Arut Utara (Aruta) kepada Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar).

Dijelaskan Juni Gultom, program pembangunan jalan konsorsium perusahaan di beberapa Desa terpencil Kecamatan Aruta digagas oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

“Alhamdullilah, sejak tiga tahun yang lalu program tersebut disambut baik oleh seluruh perusahaan besar swasta (PBS) yang ada di wilayah Kecamtan Aruta. Sekarang tahun 2020 merupakan konsorsium jilid III,” ujar Juni. Kamis, 15 Oktober 2020.

BACA JUGA:   Dinas PUPR Kobar Gerak Cepat Tanggulangi Banjir

Selain pembangunan konsorsium membuka jalan, pemkab Kobar di Kecamatan Aruta berhasil membangun 4 jembatan gantung .

“Jadi nanti 22 Oktober 2020, di Pangkut-Aruta selain acara penyerahan jalan oleh perusahaan konsorsium dari PT KTH kepada Pemkab Kobar, juga Ibu Bupati akan meresmikan 4 jembatan gantung di 4 desa di Kecamatan Aruta”,ungkap Juni Gultom.

Pemkab Kobar dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur dari wilayah pinggiran dengan membuka keterisolasian dari daerah pinggiran dengan melibatkan perusahaan, karena APBD sangat terbatas tetapi pembangunan akses jalan desa menjadi prioritas pembangunan daerah.

BACA JUGA:   Modus Gandakan Uang 10 Kali Lipat, Tiga Korban Tertipu Rp 37 Juta

“Kita selama ini dihadapkan permasalahan yang krusial yakni keterbatasan, ditambah sudah 7 bulan lebih adanya pandemic covid 19 yang mengakibatkan refocusing dan bahkan ada carryover pembayaran 2021 akibat bencana Non Alam Covid 19, sehingga kontrak pun ada penyesuaian,” imbuh Juni.

Meski demikian Bupati Hj Nurhidayah, walaupun masih pandemik terus semangat bekerja. Dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker jaga jarak dan cuci tangan.

(man/beritasampit.co.id).