Pemda Mura Perlu Buat Program Jangka Pendek Bersentuhan Dengan Ekonomi Kerakyatan

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Murung Raya, Gad F Silam.

PURUK CAHU – Anggota DPRD Murung Raya (Mura) Gad F Silam SH meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Mura melalui dinas terkait dalam membuat program yang bersentuhan dengan ekonomi kerakyatan supaya tidak langsung bentuk program jangka panjang.

Apalagi kata Gad, sekarang ini ekonomi masyarakat di Kabupaten Mura masih lesu sehingga perlu program jangka pendek yang nantinya bisa cepat terserap di masyarakat.

Ia mencontohkan program jangka pendek yang harus dilakukan oleh instansi terkait yakni dalam pemberdayaan masyarakat seperti dalam bidang perkebunan, pertanian maupun peternakan.

BACA JUGA:   APBD Perubahan Diharapkan Bisa Pulihkan Perekonomian

“Termasuk juga dalam memberdayakan masyarakat dalam ekonomi kreatif, karena di Mura ini banyak potensi alam yang perlu digali, Hal ini juga perlu diberdayakan dengan kemampuan SDM masyarakat, Karena lesunya perekonomian menandakan kesejahteraan masyarakat menurun,” ungkap Gad, Kamis 15 Oktober 2020.

Dilanjutkan Gad, perlunya program jangka pendek untuk masyarakat, seperti petani sawah, dimana padinya yang biasa dapat panen dalam 1 tahun sekali, sehingga dibuat menjadi 2-3 kali panen dalam setahun.

BACA JUGA:   Fraksi PPP Minta Pemda Harus Membuktikan Kinerja Secara Nyata dan Transparan

Termasuk juga untuk petani sayur yang dulunya hasilnya baru bisa dipanenkan dalam waktu tiga bulan, maka perlu dilakukan dalam waktu 1-2 bulan dan masyarakat petani pun tidak sempat kesulitan keuangan, untuk itu dari dinas terkait sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai pembina.

“Harapan kita ekonomi masyarakat tetap stabil, dengan kondisi sekarang ini memang perlu beberapa terobosan dalam menanggulangi kondisi kelesuan,sehingga kehidupan ekonomi masyarakat tetap baik,” tukas politisi PDI Perjuangan ini. (Lulus/beritasampit.co.id).