Danrem 102/Pjg Pantau Pelaksanaan Aksi Damai Mahasiswa di DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA – Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto memantau Aksi damai Penolakan Pengesahan UU Ciptaker Omni Bus Law oleh Aliansi Gerakan 15 Ooktober Palangka Raya, Kamis 15 Oktober 2020 pukul 09.45 WIB di Depan Kantor DPRD Provinsi Kalteng.

Aliansi dan peserta yang tergabung pada Aksi masing-masing dari KBM UPR (Universitas Palangka Raya), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), GPM (Gerakan Pemuda Marhaenis), GSNI (Gerakan Siswa Nasional Indonesia), SERUNI (Serikat Perempuan Indonesia), PEMBARU (Pemuda Baru Indonesia), BEM POLTEKES (Politeknik Kesehatan), BEM STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer), BEM UNKRIP (Universitas Kristen Palangka Raya), IPMK (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Ketengban), IAIN (Institut Agama Islam Negeri), SP MAMUT MENTENG (Solidaritas Perempuan Mamut Menteng, AMAN KALTENG (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), BEM IAHN (Institut Agama Hindu Negri), KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), LMND (Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi), WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) dan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah).

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Dari pihak negosiator mahasiswa mengatakan, dari pihaknya ingin Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno dapat menemui para mahasiswa di luar sana.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno menyatakan bersedia menerima aspirasi dari mahasiswa. “Kita audensi, silahkan perwakilan yang hadir, masuk ke ruangan ini agar saya tahu siapa saja yang hadir,” katanya saat menemui para peserta aksi.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Wiyatno mengatakan kalau niat mahasiswa mau menyampaikan aspirasi adalah hal yang lumrah dan sah-sah saja. “Kita sudah memahami apa yang mau disampaikan adik adik Mahasiswa. Saya pastikan aspirasi kalian akan saya sampaikan kepada bapak presiden. Saya meminta 3 orang perwakilan dari kalian untuk menemani saya ke Jakarta,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto mengapresiasi pelaksanaan aksi mahasiswa dapat berjalan dengan cara tertib dan damai. Selain itu juga Danrem juga memberikan apresiasi kepada pihak keamanan yang sudah melakukan tugas menjaga jalannya aksi yang dilakukan oleh mahasiswa.

“Karena menyampaikan aspirasi merupakan hak semua warga tapi juga harus menjaga ketertiban dan keamanan,” ungkapnya. (rls)