Bansos Tahap II Pemprov Kalteng Dibagikan di Kabupaten Barsel

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat menyalurkan bantuan

PALANGKA RAYA – Bantuan tahap II dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Sosial kembali disalurkan untuk membantu masyarakat dalam upaya membantu menghadapi situasi pandemi covid-19.

Bantuan tahap dua ini, berupa barang sembako seperti beras dan lainya, kembali disalurkan di wilayah Buntok, Barito Selatan, Sabtu 17 Oktober 2020

Plt Kepala Dinas Sosial Kalteng Rian Tangkudung mengatakan, bantuan sosial tahap II dari Pemerintah Kalteng disalurkan secara bertahap disalurkan sampai ke masyarakat penerima di seluruh wilayah Kalteng, dimana mulai 11 September 2020 hingga saat ini, secara bertahap ke berbagai Kabupaten/Kota. Saat ini disalurkan di wilayah Barsel, dengan sebanyak 6.420 Kepala Keluarga (KK).

“Daerah yang telah disalurkan antaranya, Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Pulang Pisau, Seruyan. Saat ini di wilayah Kabupaten Barito Selatan, rencana untuk minggu depan bantuan akan kembali disalurkan ke tiga kabupaten yaitu, Kotawaringin Barat, Gunung Mas, Barito Timur, secara bertahap oleh Dinsos,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Kalteng Rian Tangkudung.

BACA JUGA:   Polisi Gencar Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Sembako yang dibagikan ini untuk menjaga ketahanan pangan dan menjaga asupan gizi masyarakat Kalteng yang terdampak pandemi covid-19. Dari hasil penyaluran yang sudah salur antara lain kota palangka raya, pulang pisau, kotim, seruyan, gumas, barsel dan barut. Selanjutnya, rencana penyaluran berikutnya yakni di wilayah Kabupaten kobar, katingan, bartim, mura, sukamara, lamandau dan kapuas.

Bantuan tahap kedua dari pemerintah Kalteng berupa bahan pangan terdiri dari beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, sarden, susu kental manis, dan sarden.
Diharapkan bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat dan bermanfaat.

BACA JUGA:   Polisi Kawal Deklarasi Pilkada Damai

Pembagian bantuan logistik dilakukan secara protokol kesehatan sehingga membutuhkan waktu baik mulai tahap pengecekan KTP, nama, hingga penyerahan bantuan agar terdata dan terealisasi dengan baik.

Diketahui, sejak di launching oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, beberapa bulan lalu, kesiapan Dinas sosial terus dilakukan agar penyaluran penerima bantuan sosial tersebut tepat sasaran serta terverifikasi dengan baik, termasuk juga bantuan sosial sembako untuk warga terdampak banjir menggunakan helikopter karena daerahnya sulit di jangkau kendaraan roda dua dan empat, yang sudah tersalurkan ke berbagai daerah.

(Hardi/Beritasampit.co.id)