KPU Kotim Siapkan Petugas Khusus Bagi Pemilih di Ruang Isolasi Covid-19

Ketua KPU Kabupaten Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih.

SAMPIT – Agar proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berjalan dengan maksimal, terutama di masa Pandemi Covid-19 ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotim, juga telah mempersiapkan sistem pelayanan bagi pemilih yang terpapar Corona, yakni dengan menyiapkan petugas khusus di hari pencoblosan nanti.

“Untuk masyarakat yang menjalani perawatan di ruang isolasi, kami akan berkoordinasi dengan gugus, kami tetap memfasilitasi hak pilih warga Kotim, dan ada petugas kami yang akan melaksanakan pemungutan suara di tempat isolasi tersebut, baik itu yang isolasi mandiri maupun di islamic center ataupun di rumah sakit, sehingga hak pilihnya tetap terjaga dengan menggunakan TPS terdekat,” jelas Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih, Sabtu 17 Oktober 2020.

Untuk petugas yang akan melayani pemilih yang berada di ruang isolasi, pihaknya juga telah menyediakan fasilitas APD lengkap level 3, guna menjamin kesehatan petugasnya.

Sementara, pada Tempat Pemungutan Suara (TPS), penerapan protokol kesehatan menjadi prioritas utama dalam pemilihan nanti, selain menyediakan masker, sarung tangan dan tempat cuci tangan. KPU juga melakukan pengecekan suhu tubuh pada warga pemilih yang datang ke TPS, dan jika ditemukan pemilih memiliki suhu tubuh diatas 37.3, maka akan dialihkan ke bilik khusus yang telah disediakan diseluruh TPS di Kotim.

“Karena ketika suhu tubuh diatas 37,3 kondisi orang itu pastinya kurang sehat, sehingga bagi pemilih itu tidak perlu ikut antre, jadi langsung menggunakan hak pilihnya di bilik khusus tersebut dan bisa pulang untuk istirahat,” tandas Siti. (Cha/beritasampit.co.id).