Ketua Dewan Minta PBS Bantu Tangani Dampak Pasca Banjir

AHMAD/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Bencana banjir yang melanda sebagian besar kecamatan yang ada di Kabupaten Seruyan beberapa waktu lalu cukup berdampak mulai dari akses transportasi, kelumpuhan aktivitas masyarakat terdampak dan lain sebagainya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, dewan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan karena telah sigap dan tanggap dalam menghadapi bencana tersebut.

Langkah yang dilakukan Pemkab dalam upaya penanggulangan tersebut seperti mendirikan posko siaga banjir, penyaluran berbagai bantuan, serta memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak.

BACA JUGA:   Bantu Pemerintah, OJK Kalteng Bagikan Masker ke Warga

“Kami apresiasi langkah Pemkab beserta seluruh instansi terkait yang terlibat dalam penanganan bencana banjir yang terjadi ditahun ini begitupula dengan seluruh lapisan masyarakat yang peduli terhadap korban banjir,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, salah satu hal yang mesti dipersiapkan untuk menangani masalah ini yakni penanggulangan pasca bencana yang pastinya akan banyak fasilitas umum maupun infrastruktur seperti jalan yang mengalami kerusakan.

Eko meminta agar Pemkab bisa menginstruksikan kepada seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Bumi Gawi Hatantiring untuk membantu dalam penanganan pasca bencana.

BACA JUGA:   Jalin Sinergitas, Polsek Seruyan Hilir dan TNI Gelar Apel Gabungan

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini menjelaskan, hal ini dikarenakan mengingat kemampuan Pemkab sendiri tentunya terbatas oleh anggaran dalam penanganan tersebut.

“Sehingga dengan adanya bantuan dari PBS bisa membantu memperbaiki misalnya jalan atau jembatan yang rusak akibat banjir di desa binaannya, entah itu melalui CSR maupun yang lain, jadi saya minta PBS agar bisa peduli,” harapnya. (ASY)