Kelurahan Padang jadi Pilot Projek Program Keserasian Sosial

SOSIALISASIKAN : ENN/BERITA SAMPIT - Program Keserasian Sosial yang merupakan program pencegahan konflik masyarakat disosialisasikan dalam forum keserasian sosial Misbar Betuah.

SUKAMARA – Kelurahan Padang Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya dan menjelankan pilot projek untuk Program Kegiatan Bantuan Sosial yakni Keserasian Sosial yang merupakan program dari Kementerian Sosial RI.

Kepala Dinas Sosial PMD Sukamara Aji Nugraha menjadi narasumber dalam kegiatan yang memberikan pemahaman kepada para ketua RT dan tokoh masyarakat di kelurahan Padang terkait dengan forum keserasian sosial Misbar Betuah.

“Kegiatan keserasian sosial ini adalah kegiatan yang berbasis masyarakat dan merupakan ikon dari Kementerian Sosial,” ujar Aji Nugraha, Senin 19 Oktober 2020 usai menjadi narasumber dalam sosialisasi forum keserasian sosial di Lapangan Misbar Kelurahan Padang.

Menurut Aji, kegiatan keserasian sosial menjadi ikon Kementerian Sosial lantaran merupakan upaya dalam pencegahan terjadinya konflik sosial yang dimaknai sebagai alat metode dan teknik atau cara untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis.

“Keserasian Sosial ini tujuannya tidak hanya dari pembangunan fisik saja tetapi pemerintah ini melibatkan seberapa tinggi tingkat kegotongroyongan, partisifasi, kebersamaan kekompakan, kepedulian seluruh element masyarakat dalam membangun dan upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Aji Nugraha.

“Terutama dalam menjaga agar kebersamaan masyarakat dalam upaya mencegah konflik sosial di Kabupaten Sukamara,” lanjut Aji Nugraha.

Sedangkan jumlah bantuan sosial keserasian sosial yang diberikan adalah untuk misbar betuah sebesar Rp 150 Juta dengan rincian sebsar Rp 100 Juta untuk pembangunan fisik dan sisanya untuk kegiatan lainnya seperti operasional.

“Kami berharap dengan terbentuknya forum keserasian sosial ini juga dapat menjadi salah satu pilar penjaga keutuhan bangsa serta dapat berfungsi dan berjalan dengan baik dalam upaya menceghah komplik sosial serta memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” tukas Aji Nugraha.

(enn/beritasampit.co.id)