Wilayah Kecamatan Arut Utara Kembali Terendam Banjir

PANGKALAN BUN – Wilayah Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat kembali terendam banjir, 19 Oktober 2020. Sejumlah rumah warga di beberapa Desa yang berada di pinggiran sungai Arut juga ikut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai170 cm.

Sejumlah desa yang terendam banjir yaitu Desa Sei Dau, Sambi, Penahan, Riam, Pandau, Penyombaan, Kerabu, Sukarami, Gandis, Nangamua, dan Kelurahan Pangkut.

Sebelumnya Curah hujan dengan intensitas tinggi dalam kurun waktu 5 hari terahir mengguyur wilayah Kecamatan Arut Utara sehingga sungai Arut yang melintasi sebagian besar wilayah Kecamatan Arut Utara meluap dan menyebabkan banjir.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Menyikapi hal itu TNI dari Koramil 1014 – 04/Aruta dengan Instansi terkait langsung turun ke lapangan untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Danramil 04/Arut Utara Lettu Czi Yunus, yang juga turun langsung ke lapangan bersama anggotanya menggunakan perahu karet Kodim 1014 /Pbn mengatakan, Banjir saat ini adalah yang kedua di tahun ini, penyebabnya adalah luapan sungai Arut dan sebagian kiriman dari Sungai Lamandau akibatnya tingginya curah hujan dalam seminggu terahir.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Personil kami selalu siaga dalam penanganan bencana alam, dengan kejadian banjir yang kedua ini tentunya kita harus bersama – sama membantu warga yang terdampak banjir, disini kami juga mebawa sembako yang akan langsung kami salurkan kepada warga yang membutuhkan,” ujar Danramil sambil berjalan menyusuri banjir. (man/rls)